icon-category Digilife

Film Original Netflix, Apple TV+ dkk Kurang ‘Laku’ di Oscar 2023

  • 25 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Ilustrasi Piala Oscar Academy Awards/Foto: Los Angeles Times

Uzone.id – Pengumuman nominasi Academy Awards 2023 telah berlangsung pada Selasa (24/1), momen yang cukup dinantikan oleh penikmat dan pemerhati industri film dunia. Salah satu hal menarik yang selalu disorot adalah seberapa banyak karya original dari platform streaming yang berhasil lolos nominasi ajang penghargaan bergengsi ini agar bisa diganjar piala Oscar.

Sejak karya original platform streaming populer seperti Netflix, Apple TV+, hingga Amazon Prime Video menjamur, rasanya selalu menarik untuk memperhatikan gempitanya di ajang penghargaan film dan serial – apakah sama-sama dilirik seperti halnya film layar lebar?

Daftar nominasi Academy Awards ke-95 di tahun ini telah diumumkan, dan nyatanya jumlah nominasi yang dikantongi para platform streaming digital tidak sebanyak di Academy Awards tahun 2022 lalu.

Di tahun ini, Netflix, Apple TV+, dan Amazon Prime Video hanya mengantongi total 21 nominasi Piala Oscar 2023. Jika dibandingkan pada 2022, total nominasi dari platform streaming digital mencapai 37 nominasi.

Baca juga: Netflix Bangkit di Akhir 2022, Catat 7 Juta Pengguna Baru di Q4

Pencapaian terbesar di nominasi Piala Oscar 2023 diraih oleh Netflix melalui karya film original ‘All Quiet on the Western Front’ yang mengantongi total 9 nominasi, termasuk kategori Best Picture.

Lalu ada film ‘Bardo’, ‘Blonde’, ‘Glass Onion: A Knives Out Mystery’, ‘The Sea Beast’, ‘Guillermo del Toro’s Pinocchio’, ‘The Elephant Whisperers’, dan ‘The Martha Mitchell Effect’ semuanya mendapatkan masing-masing 1 nominasi.

Total nominasi Piala Oscar 2023 yang diterima Netflix ada 16 nominasi. Angka ini turun drastis dari nominasi tahun 2022, di mana Netflix berhasil mengantongi 27 nominasi.

Baca juga: Ketika Apple TV+ Cetak Sejarah di Oscar 2022

Sedangkan Apple TV+ hanya lolos dua nominasi saja, masing-masing untuk film ‘Causeway’ dan ‘The Boy, The Mole, The Fox and the Horse’.

Pun begitu dengan Disney+ yang hanya menerima dua nominasi di Academy Awards 2023 ini, masing-masing untuk ‘Turning Red’ dan ‘Le Pupille’.

Lalu Amazon Prime Video juga harus gigit jari karena hanya mendapatkan satu nominasi saja untuk film ‘Argentina, 1985’.

Diketahui, hingga hari Rabu (25/1), pembahasan mengenai ajang bergengsi dan paling tua di industri perfilman ini memuncaki Trending Topic Twitter wilayah Indonesia dan global dengan tagar #Oscars2023 yang mencapai lebih dari 114 ribu twit.

Academy Awards sendiri di tahun ini kembali akan dipandu oleh Jimmy Kimmel dan digelar pada 12 Maret 2023 waktu Amerika Serikat secara offline di Dolby Theatre, Ovation Hollywood, Los Angeles.

Jagoan kalian siapa, nih?

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini