home ×
Auto

First Ride Honda PCX 160, Tenaga Nampol Tapi Masih Gredek-gredek?

09 February 2021 By
First Ride Honda PCX 160, Tenaga Nampol Tapi Masih Gredek-gredek?
Share
Share
Share
Share

Foto: Honda, Uzone.id

Uzone.id - Honda akhirnya melahirkan senjata barunya untuk melawan dominasi Yamaha NMax. Satu yang sering dikeluhkan para pengguna PCX sebelumnya dibanding dengan Nmax adalah soal performa mesin.

Karenanya, di versi terbaru ini Honda gak mau nanggung dan langsung memberikan mesin baru yang diatas kertas performanya bisa mengalahkan Yamaha NMax terbaru.

Kami melakukan pengujian di sirkuit milik Astra Honda Motor di Cikarang, Jawa Barat. Makin asik karena kondisi lintasan basah dan sejumlah titik ada genangan air karena hujan.

Baca juga: Layar Bermasalah, Tesla Diminta Recall 158 Ribu Unit Mobil

Masih perlu membahas tampilan barunya? Percaya deh, mending ngeliat langsung untuk bisa menilai gimana kerennya tampilan terbaru dari PCX ini. Lebih enak diliat, tetap futuristis, tapi lebih sporty dan pas diliat.

Posisi duduk


Bagian ini lumayan bikin penasaran. Dengan desain body, jok, dek, sampai rangka baru, harapannya ada penyempurnaan soal kenyamanan duduk diatas PCX 160.

Benar saja, Honda masih konsisten untuk fokus pada kenyamanan pada PCX. Posisi duduk yang nyaman dengan jok yang lebar dan empuk, meski untuk tinggi badan dibawah 170an cm mungkin masih harus sedikit jinjit.

Tapi pijakan kakinya kini lebih lega dan makin bisa selonjoran karena Honda menambah panjang pijakan kaki sampai 3 cm. Hasilnya, kaki lebih slow untuk selonjoran saat riding santai.

Handling


Hal kedua setelah menikmati nyamannya riding position Honda PCX 160, sekarang giliran menikmati "handling baru" yang ditawarkan PCX 160. Lagi-lagi, rangka barunya dipadankan dengan sejumlah tuning.

Diameter dan travel suspensi belakang misalya, terkena revisi agar makin nyaman melibas jalan rusak dan tapak ban yang lebih lebar, juga beda diameter pelek depan dan belakang.

Hasilnya? Untuk bermanuver Honda PCX 160 jadi lebih lincah dan nurut. Tapak ban yang lebih lebar serta diameter pelek belakang yang lebih kecil diduga jadi penyebab kenapa manuver PCX 160 makin lincah, enteng dan asik.

Untuk bantingan suspensinya sendiri, dari sisi kenyamanan ada peningkatan dari model sebelumnya, terutama cenderung ke arah yang lebih empuk di suspensi belakang.

Satu lagi yang bikin PCX 160 makin asik handlingnya dan makin aman adalah fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control). fitur ini ternyata bekerja dengan baik pada kondisi lintasan basah dan licin.

Secara sadar mungkin tidak terasa, tapi kalau dirasakan detail, ketika HSTC bekerja, tenaga mesin seperti tersendat, bukti kalau sensor memerintahkan mesin untuk berhenti mengalirkan tenaga ke ban agar traksi tetap terjaga.

Performa Mesin


Soal mesin, ini yang jadi nilai jual terbaru dari PCX untuk menggoda para pengguna Yamaha Nmax. Mesin barunya dengan sejumlah peningkatan dan penyematan teknologi baru.

Mesin ESP+ berkapasitas 160cc, dengan tenaga 16 hp dan torsi 14,7 Nm. Dengan bobot yang sama, power to weight ratio-nya tetap terjaga dan menawarkan tenaga yang lebih terasa mengisi.

Halusnya mesin ini tetap harus diacungi jempol. Namun mesin halusnya ini terasa makin bertenaga, khususnya di putaran bawah. Bisa jadi, sejumlah hal sudah dilakukan Honda untuk merevisi akselarasi PCX yang terkenal lembut, karena mengusung karakter mesin over bore.

Jadi, untuk berakselarasi PCX tetap halus namun makin berisi, pas untuk kondisi perkotaan stop n go. Kalaupun ada kurang, mungkin gejala gredek-gredek kadang masih terasa.

Terutama saat motor dari berhenti kemudian berakselarasi normal, atau saat harus berjalan pelan dibawah 30 km perjam, sayangnya, gejala gredek-gredek itu, masih ada.

Namun, dengan semua keunggulan dan peningkatan yang ditawarkan, kok rasanya gelaja bergetar yang sebenernya hampir terjadi pada semua motor matik itu, jadi bukan masalah yang harus dipusingkan.

Kesimpulan
Kerja bagus buat Honda yang akhirnya berani melawan NMax gak sekedar mengandalkan nama besar Honda. Tapi benar-benar didukung oleh produk yang jelas-jelas terlihat dan terasa mengalami banyak peningkatan.

Terutama yang paling jlebb adalah, ketika harga jual pun membungkam semua pihak yang pesimis kalau PCX cuma menang mahalnya doang, ternyata tidak..

VIDEO First Ride Honda PCX 160:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article