home ×
Telco

Fitur Baru SpeedTest: Uji Kecepatan untuk Streaming 4K

10 February 2021 By
Fitur Baru SpeedTest: Uji Kecepatan untuk Streaming 4K
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Banyak orang yang menggunakan SpeedTest hanya pada saat-saat tertentu apalagi jika pengguna ingin mendiagnosis kinerja jaringan, terutama ketika sedang bersiap-siap untuk melayangkan protes pada penyedia jaringan terkait kualitas layanannya.

Sekarang SpeedTest bisa menguji kemampuan jaringan streaming dengan tepat, uji layar ini akan menyarankan jenis streaming apa yang bisa digunakan dalam jaringan yang dimiliki saat ini.

Layanan streaming secara otomatis akan menyesuaikan resolusi video agar memastikan pengalaman terbaik berdasarkan kecepatan Wi-Fi yang dimiliki tanpa harus mengubah setelannya.

Baca juga: Huawei dan Telkomsel Bantu BAKTI Perluas 4G ke Pelosok

Ini berarti meski  membayar konten beresolusi 4K, nyatanyatakkan selalu mendapatkan video 4K. Tentu ini menjadi kabar baik bagi pengguna koneksi terukur seperti pengguna internet seluler berbayar.

Dikutip dari Bgr, Rabu (10/2), pengujian ini hanya tersedia di iPhone dan iPad, yang nantinya ujicoba ini berada di tab terpisah dalam aplikasinya.

Caranya, dengan membuka SpeedTest, lalu memiliih uji  streaming video,  lalu mulai pengujian.

Aplikasi ini akan mengajak anda melakukan beberapa tes cepat yang mana merupakan streaming video dalam resolusi yang berbeda.

Di akhir, aplikasi ini akan memberikan kesimpulan singkat terkait resolusi mana yang bisa dipakai pada jaringan yang anda miliki agar nantinya tidak mengalami buffering.

Hasil ini juga menautkan link ke Downdetector untuk mendeteksi apakah layanan yang akan dipakai sedang beroperasi atau tidak.

Fitur ujicoba ini sangat berguna ketika berpergian lalu menggunakan jaringan WiFi lain, ketika menggunakan data seluler untuk streaming video, dan ketika sedang memperbaiki internet rumah.

Jika tes menunjukkan bahwa jaringan Anda tak mampu menyediakan resolusi maksimum yang didukung ponsel anda, kemungkinan besar akan terjadi masalah jaringan nantinya.

Baca juga: Pencapaian Telkom Selama Tahun 2020


SpeedTest nantinya akan memberi tahu apakah anda mendapatkan bandwith jaringan lebih rendah dari yang diharapkan untuk streaming video. Jika hasilnya menunjukkan bahwa anda tak bisa streaming dengan lancar, anda bisa menggunakan history video test untuk melaporkannya pada penyedia jaringan anda.

Fitur baru SpeedTest ini adalah bagian dari pembaruan aplikasi terbaru, yang hadir bersama dengan beberapa perubahan tambahan pada antarmuka pengguna.

Meski fitur ini masih terbatas hanya untuk pengguna iPhone, dalam waktu dekat platform lain juga akan mendapatkan fitur yang sama.

VIDEO: Editor Weekly Eps.6: Spotlight Pesaing Tiktok & Honda PCX 160 Meluncur

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article