Gadget

Fitur ColorOS7: Cara Pakai Smart Side Bar untuk Akses Langsung ke Aplikasi Favorit

  • 02 June 2020
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Oppo ColorOS ternyata memiliki banyak sekali fitur yang mempermudah penggunaan smartphone, yang kini telah memasuki versi ke-7. Salah satu fitur yang dimiliki ColorOS 7 adalah Smart Sidebar atau Bilah Samping Cerdas.

    Smart sidebar merupakan layar tambahan yang bisa muncul jika pengguna menggeser tepi layar ke arah tengah. Di layar tambahan ini ada empat kolom yang bisa langsung diakses tanpa harus mencari-cari di antara tumpukan aplikasi lainnya.

    Dengan fitur ini, pengguna pun tak perlu mengklik berkali-kali untuk bisa mengakses aplikasi dari halaman depan (home page). Jika pengguna sedang melakukan browsing, lalu tersirat ingin mengakses foto-foto di Gallery, maka tinggal munculkan saja smart side-bar. Akses Gallery dari situ. Maka fungsi penyimpanan foto pun akan keluar.

    Baca juga: ColorOS 7 Resmi Meluncur, Apa Saja Keunggulannya?

    Namun sebelum mengandalkan smart side bar, yang harus dilakukan pengguna adalah mengatur terlebih dahulu agar fitur tersebut muncul di layar. Karena sifatnya yang merupakan layar tambahan, untuk memanggilnya, di sisi layar kanan ada semacam garis dengan tebal sekira 1 centimeter. Nah, garis itulah yang dinamakan bilah mengambang, dan harus digeser ke tengah untuk memunculkan smart side bar.

    Screenshot_2020-06-02-13-45-59-23

    Untuk mengaktifkan smart side bar, tinggal masuk ke menu Pengaturan, lalu ke Alat Serba Guna. Di sana sejatinya ada menu untuk mengaktifkan Google Assistant. Namun di bagian bawahnya juga ada menu untuk mengaktifkan beberapa fitur lainnya seperti Tombol Navigasi, Bola Bantuan, Bilah Samping Cerdas dan Gestur & Gerakan.

    Masuk ke Bilah Samping Cerdas dan tekan fitur itu sampai berubah menjadi hijau. Bilah mengambang pun bisa dibuat transparan atau kelihatan jelas. Bisa juga disembunyikan.

    Screenshot_2020-06-02-13-46-05-83

    Baca juga: Review Oppo A92, Baterai 5000 mAh Bisa Rekam Video 4K

    Pada smartphone A92, smart side bar memang terbukti mempermudah akses ke aplikasi saat kita sedang membuka aplikasi lain. Tak ada batasan jumlah aplikasi yang bisa dimasukkan ke dalam smart side bar ini. Namun dalam satu baris side bar itu hanya ditampilkan sekitar 7 sampai 8 aplikasi saja.

    Dua aplikasi paling atas disarankan jangan diubah. Isilah dengan aplikasi screen capture dan screen recorder sehingga mempermudah kita menangkap atau merekam tampilan layar. Sisa 5 aplikasi lainnya, disarankan adalah aplikasi yang benar-benar sering dibuka. Misalnya browser, WhatsApp, Instagram, Facebook, atau Gallery.

    Selamat mencoba!