icon-category Digilife

FItur Baru WhatsApp, Emoji Reaction Hingga Panggilan Grup 32 Orang

  • 23 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Asterfolio/Unsplash

    Uzone.id - Paruh awal tahun ini WhatsApp gak tanggung-tanggung bakal merilis 11 fitur terbaru yang bikin penggunanya makin betah. 

    Meski belum tau kapan pastinya fitur-fitur ini bakal dirilis untuk pengguna secara publik, tapi beberapa sudah mulai hadir di WhatsApp Beta iOS. 

    WhatsApp tahu betul kalau hadirnya fitur-fitur ini bakal membantu berbagai kalangan saat menggunakan aplikasi mereka untuk aktivitas perpesanan sehari-hari.

    “Organisasi seperti sekolah, klub lokal, dan organisasi nirlaba sekarang mengandalkan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan aman, terutama karena pandemi memaksa kita semua untuk menemukan cara kreatif untuk bekerja bersama saat terpisah,” kata WhatsApp dikutip dari Live Mint, Sabtu, (23/02/2022).

    Baca juga: Pengguna WhatsApp Bakal Bisa 'Ngumpet' dari Kontak Tertentu?

    Salah satunya adalah fitur Communities yang diklaim WhatsApp mempermudah kepala sekolah untuk mengumpulkan orang tua murid untuk berbagi pengumuman, termasuk membentuk grup tentang kelas tertentu, eskul, dan juga aktivitas lainnya.

    Berikut adalah beberapa fitur yang bakal hadir di WhatsApp dalam waktu dekat.

    Reaksi Emoji

    Reaksi emoji yang awalnya ada di Facebook bakal diboyong Meta ke WhatsApp. Dengan fitur ini, pengguna bisa bereaksi terhadap pesan dengan emoticon. 

    Nantinya, kalian hanya perlu mengetuk dan menahan pesan yang ingin diberi reaksi, lalu geser jari kalian ke emoji yang ingin dikirimkan. Reaksi ini bakal muncul di bawah teks dan bakal terlihat oleh semua anggota di grup chat.

    Komunitas

    Fitur ini akan memungkinkan pengguna menyatukan grup terpisah di bawah satu payung dengan struktur yang sesuai untuk mereka.

    Pengguna dapat menerima pembaruan yang dikirim ke seluruh Komunitas dan dengan mudah mengatur grup diskusi yang lebih kecil tentang apa yang penting bagi mereka. Sederhananya, dalam sebuah grup akan hadir fitur untuk membuat grup-grup kecil.

    Di fitur Komunitas ini bakal ada tool baru untuk admin, termasuk pesan pengumuman yang bisa dikirim ke semua anggota dan juga kendali untuk menyertakan sebuah grup.

    Tool baru untuk Admin: menghapus pesan anggota grup lain

    Dengan pembaruan ini, admin grup WhatsApp bisa menghapus pesan yang bermasalah dari pengguna lain. Saat ini, fitur hapus pesan hanya hadir untuk pengirim saja, namun nantinya fitur ini bisa dilakukan oleh admin grup.

    Berbagi file hingga 2GB

    WhatsApp bakal mendukung pengiriman file hingga 2GB di pembaruan yang akan datang. Tentunya fitur ini akan jadi kabar gembira agar pengguna tak perlu pusing mengurangi ukuran saat mengirim file.

    Saat ini, WhatsApp hanya mengizinkan berbagi file 100MB dalam sekali jalan.

    Voice call grup hingga 32 pengguna

    Panggilan suara di WhatsApp bakal makin luas jangkauannya, pasalnya platform ini bisa melakukan grup call hingga 32 orang. Selain itu, WhatsApp juga mengubah desain jendela aplikasi saat panggilan suara grup.

    Baca juga: Chat WA Pinjol Cair Puluhan Juta Marak Lagi, Ini Tips Menghindarinya

    Platform ini menambahkan bentuk gelombang suara untuk semua peserta selama panggilan grup. Bentuk gelombang suara ini mirip dengan yang terlihat di fitur voice note.

    Fitur jeda dan lanjutkan merekam voice note

    Pengguna WhatsApp sekarang dapat menjeda dan melanjutkan pesan suara saat merekam, jadi gak perlu lagi mengulang dari awal ketika ada gangguan atau kesalahan perekaman. Opsi jeda baru juga akan terlihat dalam mode rekam suara handsfree.

    Mendengar voice note dari posisi terakhir berhenti

    Pengguna WhatsApp gak perlu lagi mendengar ulang voice note ketika ada ucapan yang dirasa belum dimengerti atau tidak terdengar jelas, karena WhatsApp bisa menjeda pesan suara dan melanjutkannya dari posisi mereka berhenti.

    Fitur yang berguna banget untuk mendengar voice note yang panjang.

    Mendengar voice note dari luar aplikasi

    Fitur baru WhatsApp juga akan mempermudah kita ketika ingin mendengar pesan suara dari luar aplikasi. Pengguna gak perlu lagi mantengin pesan suara di room chat ketika mendengar voice note hingga selesai.

    Jadi nantinya, voice note ini bisa didengar ketika membalas pesan dari obrolan lain, atau saat menggunakan aplikasi lain.

    Desain gelombang voice note

    Fitur ini sudah mulai hadir di WhatsApp, desain voice note jadi lebih luwes lagi karena pengguna bisa melihat representasi visual dari suara yang ada di voice note.

    Baca juga: NFT Cuitan Twitter Pertama Dibeli Rp46,7 M, Kini Ditawar Rp4 Juta

    WhatsApp juga memperkenalkan desain berbentuk gelombang ini di panggilan suara.

    Mendengar ulang voice note sebelum dikirim

    Akhirnya, fitur voice note yang ditunggu-tunggu pengguna kini hadir di WhatsApp, kita bisa mendengarkan ulang pesan suara sebelum dikirim ke pengguna lain untuk mengetahui apakah pesan ini sudah jelas atau belum, atau untuk memeriksa ada kesalahan atau tidak.

    Fitur ini akan bekerja bersama fitur jeda dan lanjutkan yang baru untuk rekaman voice note.

    Pemutaran cepat voice note

    WhatsApp juga menawarkan opsi untuk memutar pesan suara lebih cepat dengan kecepatan 1,5x atau 2x dan kalian bisa mendengarkannya lebih cepat.

    Tombol kecepatan 1x ini sudah bisa dilihat di pemutar voice note, kalian bisa mengetuk tombol baru ini untuk mengubah kecepatan pemutaran pesan suara.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini