icon-category Gadget

Fitur-fitur di iOS 17 yang Bisa Bikin User Android Iri

Uzone.id - Pas iOS 17 diperkenalkan Apple di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2023, sistem operasi ini langsung kena bully karena ada banyak fitur baru yang ‘katanya’ baru, tapi ternyata sudah sejak lama ada di Android.

Kendati begitu, ada lho beberapa fitur iOS 17 yang benar-benar baru, dan bahkan belum ada di sistem operasi Android sejauh ini. 

Dan sebagai pengguna smartphone Android, fitur-fitur baru di iOS 17 ini justru bikin envy. Bakalan bagus banget kalau melihat fitur baru iOS 17 tersebut hadir di sistem operasi Android yang akan datang. 

Biar gak penasaran, berikut daftar fitur-fitur iOS 17 yang berhasil bikin user Android pada iri.

Check-In

alt-img

Dari banyaknya fitur di iOS 17, Check-In adalah salah satu yang paling penting dan bikin pengguna Android dijamin ngiler. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah mendeteksi pengguna saat mereka tiba di rumah, dan langsung memberitahu teman atau keluarga secara otomatis. 

Bukan cuma lokasi, Check-In juga akan meneruskan informasi terkait lokasi, rute, sampai sisa baterai iPhone ke orang lain yang sudah didaftarkan. 

Bisa dibilang, Check-In adalah fitur yang penting buat orang-orang yang seringkali bepergian sendirian.

Contact Posters

alt-img

Fitur lainnya yang dijamin bikin user Android kesengsem adalah Contact Posters. Fitur ini bikin layar panggilan telepon lebih personal dan beda dari Android sekalipun. 

Seperti menyesuaikan lock screen atau wallpaper, pengguna bisa menyesuaikan tampilan panggilan telepon untuk masing-masing kontak, dengan menyertakan foto, Memoji, sampai kata-kata dengan jenis font dan warna yang menarik.

Menariknya, saat rilis nanti, Contact Posters gak cuma berfungsi pada panggilan telepon atau aplikasi bawaan Apple saja, tapi juga aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan penggunanya menerima atau melakukan panggilan telepon.

Transfer seamles ala AirDrop

 alt-img

Ngaku deh user Android, walau di smartphone kalian ada Nearby Share buat transfer data antar ponsel, tapi kalian pernah iri dengan kemudahan transfer file antar perangkat Apple AirDrop kan? 

AirDrop merupakan fitur eksklusif yang diberikan Apple buat penggunanya. Gak cuma untuk iPhone saja, iPad sampai MacBook juga bisa menggunakan fitur ini. 

Dan di iOS 17, AirDrop makin canggih saja kemampuannya. Pengguna gak lagi harus mendekatkan iPhone mereka dengan iPhone lainnya untuk transfer file berukuran besar

AirDrop memungkinkan penggunanya untuk transfer file via internet, sehingga pengguna lain tinggal mengunduhnya kapan saja.

Kemudian ada juga fitur NameDrop. Kalau ketemu calon rekan bisnis, kenalan, atau teman lama yang sudah lama gak ketemu, minta nomor kontaknya tinggal dekatkan iPhone, dan beres!

Gak perlu tukar kartu nama, ngetik nomornya secara manual, save, ahh ribet. Ini jadi cara baru dan lebih mudah buat saling bertukar informasi. 

Journal App

alt-img

Fitur menarik lainnya di iOS 17 yang harusnya segera diterapkan oleh Android, yakni Journal. Aplikasi ini jadi cara baru buat pengguna dalam mencatat atau curcol berbagai momen dalam hidupnya.

Mirip menulis buku harian dengan awalan ‘Dear diary’ deh, kalian kelahiran tahun 90-an pasti ingat dong? Gak cuma catatan sehari-hari, berbekal teknologi machine learning, Journal akan memberikan saran dan ide untuk pengguna berdasarkan aktivitas yang mereka lakukan sepanjang hari.

Saran tersebut diberikan berdasarkan kontak yang sering dihubungi, lokasi yang sering dikunjungi, musik favorit, foto, dan lain sebagainya. Saran yang dikasih Journal juga bisa dipersonalisasi, dan bakal aman dari orang lain yang kepo, karena semua catatan sudah dienkripsi end-to-end.

So user Android, fitur apa yang paling kalian harapkan hadir di OS Android terbaru nantinya?

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini