icon-category Digilife

Fitur Seru yang Harus Dicoba Saat Dengarkan Musik di Spotify

  • 22 Aug 2021 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Penggemar musik mungkin sudah tidak asing lagi dengan layanan streaming musik Spotify. Dengan berbagai macam fitur dan jenis musik yang lengkap, Spotify menjadi sangat populer di seluruh dunia.

    Baca juga: Spotify Siapkan Paket Lebih Murah, Mulai Rp14 Ribuan

    Tak hanya mendengarkan musik atau podcast seperti biasanya, ternyata Spotify juga memberikan beberapa fitur yang bisa dicoba agar pengalaman mendengarkan musik lebih seru lagi.

    Berikut beberapa fitur yang perlu kalian coba agar mendengarkan musik semakin menarik dan asyik.

    Atur kualitas audio

    Tak hanya menyediakan jutaan pilihan lagu berkualitas, Spotify juga memberikan fitur untuk mengatur kualitas audio sesuai dengan keinginan pendengar.

    Kalian bisa mengubah kualitas audio dengan beberapa opsi, mulai dari rendah hingga paling tinggi. Caranya, masuk ke menu Settings, lalu gulir ke bawah dan klik menu Audio Quality.

    Setelah itu, kalian akan menemukan beberapa opsi mulai dari Automatic, Low, Normal, High dan Very High. Kalian bisa memilih opsi Very High untuk kualitas audio terbaik dari musik kesukaan kalian.

    Fitur Crossfade

    Salah satu fitur menarik yang kadang dilewati pengguna Spotify adalah Crossfade. Fitur ini akan menghilangkan bagian kosong atau jeda disaat sebuah lagu berganti ke lagu lain.

    Dengan Crossfade, kalian akan mendengarkan lagu-lagu tanpa menunggu beberapa detik untuk lagu selanjutnya. Jeda tersebut akan hilang dan pengalaman mendengarkan musik di Spotify akan lebih mulus.

    untuk menemukan fitur ini, buka menu Settings, scroll ke bawah, lalu kalian akan menemukan tulisan ‘Crossfade’. Setelah itu kalian bisa memilih waktu jeda yang kalian inginkan.

    dengarmusil

    Atur Playlist

    Kalian pasti sering membuat playlist dari lagu-lagu yang ingin kalian dengarkan pada momen tertentu. Tak hanya menambahkan lagu, kalian juga bisa melakukan beberapa tindakan pada playlist kalian.

    Pertama, kalian bisa berkolaborasi dengan teman kalian untuk menambahkan lagu-lagu pilihan. Nantinya, playlist ini akan diisi oleh kalian dan teman yang kalian tentukan.

    Baca juga: Cara Dengarkan Musik Bareng Teman Lewat Spotify

    Caranya, buat playlist baru atau klik playlist yang sudah ada, klik ikon ‘Orang’ yang ada di atas kanan layar, dan kalian bisa mengirimkan link playlist ke teman kalian. Atau bisa juga dengan mengklik titik tiga di atas kanan layar lalu aktifkan ‘Collaborative playlist’.

    Kedua, atur playlist menjadi publik atau pribadi. Caranya, buka playlist kalian, klik titik tiga di atas layar, scroll ke bawah dan klik ‘Make Public’ atau ‘Make Secret’

    Cari Lagu Tahun tertentu

    Ternyata, di Spotify kalian bisa mencari lagu dari tahun tertentu, lho. Caranya gampang, kalian tinggal tuliskan kata ‘year’ di pencarian kalian.

    Contohnya, kalian ketik nama penyanyi yang ingin kalian dengar, lalu tambahkan keyword ‘year:2000-2020’. Setelah itu, hasil pencarian akan memunculkan lagu-lagu penyanyi tersebut yang dikeluarkan dari tahun 2000 hingga 2020. 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini