icon-category Auto

Fitur Skuter TVS iQube Electric yang Hadir di Indonesia

  • 16 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    TVS iQube Electric (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - TVS sudah siap-siap meramaikan pasar skuter listrik di Indonesia dengan memperkenalkan TVS iQube Electric. Skuter ini bahkan dipamerkan secara langsung di Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran atau Jakarta Fair yang berlangsung 9 Juni-17 Juli 2022.

    TVS iQube Electric memang belum diperkenalkan secara resmi di Indonesia, namun sudah dijual di India sejak 18 Mei 2022. Dari pengujian internal TVS, skuter ini memiliki jarak tempuh 75 km berkat baterai 2,25 kWh (lithium-ion battery pack) yang dipasangkan dengan motor brushless DC 4,4 kWh pada as roda belakang.

    Baca juga: Kenapa Harus Pakai MyPertamina untuk Kendalikan Konsumsi Pertalite? 

    TVS iQube Electric (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Baterai lithium-ion tersebut diberi casing alumunium sehingga tahan air dan debu. Menariknya, terdapat konektor USB + lampu bagasi sehingga ponsel pengendaranya bisa selalu terisi.

    Di bagian lampu belakang sudah full LED, begitu juga dengan lampu depan LED dengan multi reflektor. Adapun untuk bagasi, terdapat di bawah jok untuk menyimpan helm.

    Skuter listrik TVS juga memiliki fitur mode parkir Q-Park untuk memudahkan kalian sebagai pengguna saat maju atau mundur saat parkir.

    Spesifikasi dan Fitur Skuter Listrik TVS iQube Electric

    Di India, TVS menawarkan trim varian iQube ST, iQube S dan iQube standar. TVS iQube ST menjadi varian tertinggi dengan fitur yang lebih lengkap.

    iQube ST dibekali dengan layar sentuh TFT berukuran 7 inci dengan interaktivitas joystick 5 arah, kontrol musik, pemberitahuan proaktif termasuk kondisi kendaraan, dukungan jaringan 4G, pengisian cepat 1,5 kW, dan bagasi yang bisa memuat dua helm.

    Baca juga: Wujud Skuter Listrik TVS iQube Electric

    Sedangkan iQube S, menjadi varian menengah. Skuter listrik ini ditopang oleh baterai yang punya jangkauan 100 km. Fitur canggih yang dibawa iQube adalah asisten suara cerdas berbasis Alexa buatan Amazon.

    Meski jadi model paling standar, iQube tetap dilengkapi dengan baterai 3,4 kWH yang bisa menjangkau 100 km per pengisian daya. Skuter ini juga mempunyai layar TFT LCD berukuran 5 inci yang bisa menampilkan rute navigasi dengan jelas.

    Dijelaskan Managing Director TVS Motor Company, Sudarshan Venu, TVS iQube baru merupakan bukti komitmen perusahaan dalam menawarkan teknologi EV kelas dunia dengan pengalaman terkoneksi yang cerdas dan personal.

    Baca juga: Jenis Kendaraan yang Dilarang Beli Pertalite & Solar Masih Belum Jelas

    "TVS Motor telah berinvestasi dalam teknologi listrik selama lebih dari sepuluh tahun sekarang, dan TVS iQube telah memberikan ribuan pelanggan kami pengalaman berkendara listrik yang tak tertandingi. TVS Motor akan terus mengukur tolok ukur baru dalam mobilitas yang terhubung dan EV dengan inovasi dan penawaran teknologi canggih kami,” kata dia, dilansir Uzone.id dari situs web resmi TVS.

    iQube ST sendiri sudah resmi dijual di India pada 18 Mei 2022. Di Negeri Bollywood, Skuter listrik ini dijual mulai dari 98,564 rupee atau sekitar Rp18 juta hingga 108.690 rupee atau setara Rp20,5 juta. Harga tersebut sudah on the road dan subsidi pemerintah.

    Spesifikasi TVS iQube Electric

    Daya Maksimum

    4,4 +/- 5 persen kW @750-800 rpm

     

    Torsi maksimum

    140 Nm @0-200 rpm (rear hub)

    Tipe baterai

    2,25 kWh (Li-ion Battery Pack)

    Headlamp

    LED 13 watt

    Dimensi (P x L x T)

    1835 x 690 x 1148)

    Sistem starter

    Elektrik

    Jarak terendah ke tanah

    157 mm

    Jarak sumbu roda

    1301 mm

    Berat kosong kendaraan

    118 kg

    Suspensi depan

    Teleskopik shockabsober

    Suspensi belakang

    Single Shockabsorber

    Rem depan

    Disc Brake 220 mm

    Rem Belakang

    Drum Brake 130 mm

    Ukuran Ban Depan dan Belakang

    90/90-12 tubeless

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini