icon-category Gadget

FOTO: Asus ROG Zephyrus Duo 16, Punya Dua Layar dengan Nebula HDR

Uzone.id - Asus ROG Zephyrus Duo 16 adalah salah satu dari sekian banyak laptop gaming terbaru yang akan diperkenalkan Asus pada 20 Juni mendatang. Laptop gaming flagship tersebut menjadi salah satu laptop pertama yang dilengkapi prosesor AMD Ryzen 6000 Series.

Prosesor tersebut dibuat dengan arsitektur Zen 3+ yang menawarkan performa dan efisiensi daya yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Dilengkapi pula dengan kartu grafis terintegrasi AMD Radeon 600M yang menggunakan arsitektur RDNA2 yang lebih powerful dan efisien.

GPU ini menjamin laptop dapat memainkan game AAA beresolusi Full HD tanpa lag dan menguras daya yang berlebih. AMD Ryzen 6000 Series juga telah dilengkapi fitur serta teknologi modern. Fitur seperti dukungan PCIe 4.0, port USB 4.0, dan teknologi baru lainnya telah tersedia di prosesor ini.

Penyematan nama “Duo” di tengah-tengah namanya bukan tanpa alasan. Laptop ini menawarkan layar ganda yang memberikan area ekstra bagi para gamer, streamer, hingga kreator konten.

Layar utama dari Zephyrus Duo 16 mengusung teknologi ROG Nebula HDR, membuatnya menjadi seri ROG pertama yang mengadopsi teknologi layar canggih tersebut. Teknologi ini mengkombinasikan visualisasi kelas atas, tingkat kecerahan maksimal, serta refresh rate tinggi.

Baca juga: Wujud Asus Vivobook 13 Slate OLED, Laptop "Rasa" Tablet

Seolah tak cukup dengan Nebula HDR, Asus turut membawa teknologi MUX Switch untuk laptop ini. MUX Switch adalah semacam chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop.

Melalui MUX Switch, jalur data visual dari kartu grafis discrete bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan kartu grafis terintegrasinya.

MUX Switch sangat berguna saat laptop gaming ROG bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karena data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik.

Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%,” klaim Asus dalam pengujian internal yang dilakukannya.

Berikut ini wujud dari laptop gaming Asus ROG Zephyrus Duo 16 yang akan diluncurkan di Indonesia sebentar lagi.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini