icon-category Auto

Frogs, Taxi Drone Buatan Yogya Berhasil Terbang di Tes Pertama

  • 11 Mar 2020 WIB
  • Bagikan :

     Frogs (Frogs Indonesia)

    Uzone.id - Uji terbang taxi drone kapasitas dua orang bernama Frogs berhasil terbang di Landasan Udara Gading, Gunung Kidul, Yogyakarta, saat uji terbang pertama yang dilakukan pada Sabtu (7/3/2020).

    Namun, kemampuan Frogs terbang baru beberapa centimeter saja di atas permukaan tanah. Banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan agar bisa meningkatkan kemampuan terbang Frogs. 

    Baca juga: Frogs, Taksi Terbang Dua Penumpang Buatan Yogyakarta Dipamerkan di Jerman

    Dede Maulana, Chief Technology Officer Frogs Indonesia, memberikan catatan penting usai Frogs melakukan uji terbang pertama kali, seperti berikut ini. 

    1. Semua motor berfungsi

    Frogs Indonesia

     

    Dede mengatakan, ada beberapa masukan usai drone passenger Frogs 282 buatan Yogyakarta ini diuji terbang. Menurutnya, yang penting semua motor berfungsi.

    "motornya kuat untuk mengangkat wahana tadi, beberapa cm di atas tanah, cuma memang untuk kestabilan kita masih perlu menguji lagi berhubung nanti untuk kita harus setting lagi di dalam masalah limit motornya, terus kestabilannya, penggunaan konsumsi baterainya," tutur Dede.

    2. Revisi parameter

    Frogs Indonesia

     

    Tim Frogs Indonesia, kata Dede, saat uji terbang Frogs dibatasi waktunya sampai jam 8 malam saja. Ada beberapa revisi parameter sebagai masukan untuk uji terbang kedua.

     

    3. Limit motor ditingkatkan

    Caption

     

    Dede juga mencatat limit motor pada Frogs harus ditingkatkan karena kemungkinan udara dingin dan lembab sehingga massa jenis udara agak berat.

    "Jadi mungkin di situ motornya kurang menstabilkan, tapi sebenarnya sudah terangkat, sudah cukup kuat. Tadi ada beberapa revisi mungkin ada pada flight control," kata dia. 

    Baca juga: Formula E Jakarta Resmi Ditunda, Simak 4 Pernyataan Anies Baswedan

    4. Uji terbang kedua

    Frogs Indonesia

     

    Dede mengatakan, Tim Frogs Indonesia tidak bisa mengerjakan beberapa revisi usai uji terbang pertama karena terbatasnya waktu. Kemungkinan uji terbang kedua dilakukan pada pertengahan atau akhir bulan Maret.

    "Nanti (Frogs) kita bawa ke kantor, parameternya kita ubah," tuturnya.

    Frogs merupakan start up asal Bangungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Mereka sedang berbenah diri untuk ikut di ajang Hannover Messe 2020 di Hanover Fairground, Hannover, Jerman, pada 13-17 Juli 2020, diundur dari tanggal awal 20-24 April.

    Kalau ingin melihat purwarupa Frogs, uzoners bisa mendatangi Hall 21, Stand F30.

    Frogs merupakan salah satu portofolio UMG Idealab yang mengembangkan produk drone berbagai macam fungsi, yakni drone sprayer, surveillance, drone cargo, seed drone dan drone passanger atau drone penumpang.

     

    VIDEO Suzuki Carry Luxury Review, Paling Mahal Dapet Apa Aja?

     

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Tags : frogs taxi drone 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini