home ×
Digilife

Fujifilm Temukan Magnetic Tape Storage untuk Simpan 580TB Data

29 December 2020 By
Fujifilm Temukan Magnetic Tape Storage untuk Simpan 580TB Data
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Fujifilm mengklaim telah menemukan tempat penyimpanan data yang memiliki kapasitas ruang memori sangat besar. Storage tersebut menggunakan materi pita magnetik yang bisa menyimpan data sampai 580 terabytes (TB).

Perusahaan asal Jepang itu mengumumkan bahwa mereka telah mencapai rekor dunia dengan kepadatan perekaman 317 Gbpsi dengan pita penyimpanan data menggunakan partikel magnetik baru yang disebut Strontium Ferrite (SrFe) 4. Fujifilm mengaku telah bekerja sama dengan IBM Research untuk pengembangan perangkat tersebut.

Baca juga: 5 Keunggulan Kamera Mirrorless Fujifilm X-T4

Keduanya bekerja sama untuk menciptakan teknologi yang dapat menghasilkan kartrid data dengan kapasitas 580 terabyte (TB). Kapasitas sebesar ini kira-kira 50 kali lebih besar dari kemampuan penyimpanan kartrid yang ada saat ini. Setara dengan 120.000 DVD.

Strontium Ferit adalah bahan yang sangat magnetis dan stabil yang biasanya digunakan sebagai bahan baku magnet motor. Material ini mempertahankan kinerja tinggi bahkan ketika diproses menjadi partikel halus.

Fujifilm telah menerapkan teknologi untuk mengubah partikel magnetik SrFe yang sangat halus ini sehingga bisa digunakan dalam media pita magnetik.

Baca juga: Fujifilm Kembangkan Obat Penyembuh Covid-19

Sebelumnya, Fujifilm memang sudah mengembangkan teknologi pita magnetik Nanocubic untuk lebih meningkatkan kepadatan perekaman dengan menambahkan elemen jejak dan memodifikasi kondisi pencampuran untuk menghasilkan partikel halus magnetik SrFe, yang 60 persen lebih kecil daripada partikel BaFe yang saat ini digunakan pada pita penyimpanan data.

Kebutuhan penyimpanan data di dunia dikabarkan meningkat secara eksponensial. Hal ini dipicu munculnya berbagai teknologi seperti video HD 4K / 8K, IoT, lingkungan cloud hybrid, dan perkembangan big data. Teknologi yang muncul seperti pabrik pintar, kendaraan otonom, dan lingkungan cloud hybrid memastikan data akan terus tumbuh.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id