icon-category Auto

Toyota Compact Cruiser EV, Mobil Listrik Gagah Rival Ford Bronco

  • 16 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Toyota Compact Cruiser (Foto: Auto Car India)

    Uzone.id - Toyota Compact Cruiser EV bisa dibilang spesial. Tak cuma karena mobil ini ditenagai listrik murni, Toyota telah membuatnya dengan desain yang terinspirasi dari FJ Cruiser keluaran 2006 dan F4-X yang dirilis tahun 2017.

    Toyota Compact Cruiser EV memang masih berupa mobil konsep. Kabarnya, mobil listrik ini diberi motor ganda dan memiliki sistem penggerak AWD.

    Kalau melihat dimensi pada mobil listrik ini, tentu saja akan jadi lawan tangguh Ford Bronco EV. Diketahui, Ford Bronco dengan mesin bakar sudah bersiap dijual di Indonesia.

    Bahasa desain Toyota Compact Cruiser EV mencirikan SUV bergaya retro dan kental dengan nuansa offroad.

    Baca juga: Wuling Cortex dan Almaz Hybrid Belum Tentu Masuk Indonesia

    Meskipun baru mobil konsep, Toyota Compact Cruiser EV telah mendapat penghargaan Car Design Award 2022 di Milan, Italia.

    Mobil ini berhasil mengalahkan finalis lainnya, termasuk Audi Skysphere, Porsche Mission R, Volvo Concept Recharge, Polestar O2, Lexus Electrified Sport, IED Alpine A4810, dan lainnya, seperti dilansir Uzone.id dari Auto Car India.

    Toyota Compact Cruiser EV dibuat dan dikembangkan oleh Toyota Europe Design di Nice, Prancis.

    Sesuai dengan tema retro, Toyota Compact Cruiser EV menampilkan gril dengan tulisan Toyota yang diapit lampu depan LED yang diposisikan horizontal.

    Bumper depan dibuat besar, lalu ada layer front guard warna perak sehingga mobil ini terlihat perkasa untuk medan offroad. Bonnet atau kap mesinnya dibuat datar dan diberi air scoop di bagian tengahnya.

    Warna dibuat kontras di mana pilar C dan pilar A pakai cat gelap sehingga memberikan efek mengambang pada atapnya.

    Kemudian, ada tangga di samping dan rak atap menambah kesan kokoh pada Toyota Compact Cruiser EV. Untuk bagian kaki-kaki ditopang oleh ban segala medan.

    Di bagian belakang, Compact Cruiser EV sudah diberi LED persegi. Bumper belakang juga ukurannya besar dilengkapi skid plate warna perak.

    Baca juga: Spesifikasi 'Bus Kuning' Listrik Buatan UI untuk KTT G20

    Meskipun Toyota masih bungkam mengenai mobil konsep Compact Cruiser EV, namun diharapkan mengadopsi sistem elektrifikasi dari platform TNGA Toyota yang sudah diusung oleh SUV bZ4x.

    Mobil listrik ini juga diperkirakan akan diproduksi di tahun-tahun mendatang dan menjadi lawan tangguh bagi Ford Bronco Sport EV dan Jeep Renegade berikutnya di pasar internasional.

    Ford Bronco Terdaftar di Indonesia

    Ford Indonesia pun sudah siap-siap meluncurkan Ford Bronco di Indonesia. SUV asal Amerika Serikat itu bahkan sudah terdaftar di Permendagri No. 40 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

    Ford Bronco punya mesin 2.000 cc dengan pilihan mesin 1.5-liter turbocharged 3-silinder bertenaga 181-hp, dan mesin 2.0 liter 4-silinder bertenaga 245-hp.

    Baca juga: Biaya Servis Suzuki Ertiga Hybrid

    Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Ford Bronco di harga Rp771.750.000. Itu belum termasuk PPnBM, BBN, PPN, SWDKLLJ, penerbitan surat kendaraan, dan margin profit.

    RMA Group Indonesia, Agen Tunggal Penjual Merek (ATPM) Ford kemungkinan tidak membawa Ford Bronco ke Indonesia, melainkan lewat importir umum (IU).

    VIDEO Test Drive Hyundai Ioniq 5

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini