home ×
Technology

Gagal Meluncur, Roket Jepang Meledak saat Ujicoba

04 July 2018 By
Gagal Meluncur, Roket Jepang Meledak saat Ujicoba
Share
Share
Share
Share

Ujicoba roket Momo-2 pada Sabtu (01/07/2018) justru diwarnai insiden. Roket besutan startup asal jepang, Interstellar Technologies itu terjatuh kembali ke landasan pacu di kawasan Jepang bagian utara, sesaat lepas landas.

Roket yang dilepaslandaskan dari daratan Taiki di wilayah Hokaido ini menghantam tanah dan seketika meledak, terbakar lumayan hebat.

Dilansir dari Space, Rabu (04/07/2018), dokumentasi televisi menunjukkan bahwa roket berukuran 10 meter tersebut hanya terangkat sedikit dari landasan sebelum akhirnya jatuh dan terbakar. Padahal, roket Momo-2 digadang-gadang mampu mencapai ketinggian 100 kilometer dari bumi.

Baca Juga: Saingi SpaceX, Perusahaan China Luncurkan Roket ke Bulan

Meski begitu, insiden meledaknya roket Momo-2 tidak menimbulkan korban jiwa. Menurut Presiden Interstellar Technologies, Takahiro Inagawa, roket Momo-2 mengalami kesalahan di bagian mesinnya. Ia meminta maaf atas kegagalan peluncuran itu, dan menyatakan bahwa timnya sedang mengumpulkan puing-puing roket.

“Setelah puing-puing terkumpul, kami akan melakukan analisa. Kami akan mencari tahu, apa penyebab utama roket kehilangan tenaga dan jatuh ke daratan,” ujarnya.

Baca Juga: Tahun Depan, Roket SpaceX Cuma Butuh 24 Jam untuk Sampai Mars

Peristiwa tersebut bukanlah yang pertama kali bagi Interstellar Technologies. Sebab, pada Juli tahun lalu, roket buatan mereka juga gagal lepas landas. Padahal seharusnya, roket Momo-2 akan membawa satelit penyedia layanan internet Livedoor. (SN/FHP)

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id