home ×
Digilife

Gagal Saingi Siri dan Google Assistant, Cortana Mati di Android-iOS

05 April 2021 By
Gagal Saingi Siri dan Google Assistant, Cortana Mati di Android-iOS
Share
Share
Share
Share

Cortana di Android (Foto: Android Police)

Uzone.id – Layanan asisten personal digital milik Microsoft, Cortana, sudah tidak lagi beroperasi di ponsel mulai 31 Maret 2021. Dalam tulisan Microsoft di blog-nya, Microsoft menulis bahwa mereka “akan menghentikan dukungan terhadap aplikasi Cortana di Android dan iOS”.

Per tanggal 31 Maret 2021, seluruh konten Cortana yang telah dibuat pengguna seperti pengingat, alarm, serta daftar tidak akan lagi berfungsi di aplikasi mobile Cortana. Demikian yang dikutip Uzone.id dari The Verge, Senin (5/4).

Baca juga: Bahaya Ada Chipset Mulai Langka

Namun pengguna masih dapat mengakses konten tersebut melalui Cortana di Windows. Deretan konten ini juga akan tersinkronisasi secara otomatis ke aplikasi Microsoft To Do yang dapat pengguna unduh di ponsel masing-masing.

Cara kita berinteraksi dengan komputer dan smartphone memang sudah banyak berubah secara terus menerus dan terkadang kita tidak menyadari perubahannya.

Belakangan ini monitor tidak hanya untuk dilihat namun kita dapat berinteraksi secara langsung dengan layar sentuh.

Meski telah menutup Cortana di perangkat Android dan iOS, Microsoft masih membiarkan asisten virtualnya itu tetap berfungsi di perangkat berbasis Windows 10.

Dengan penutupan ini, Microsoft tampaknya mengubah asisten virtual Cortana menjadi pendukung untuk aplikasi Microsoft 356 yang ditunjang Artificial Intellegence (AI) alias kecerdasan buatan.

Baca juga: Android 12 Dirilis 12 September 2021?

Sebelumnya, setelah mempermak browser web Microsoft Edge, Microsoft mengumumkan penambahan sederet fitur baru di aplikasi email Outlook. Di antara fitur baru yang dihadirkan, Microsoft Outlook kini punya asisten suara.

Microsoft menyebutkan berbagai fitur baru yang ditaburkannya ke Outlook tak sekadar menyederhanakan navigasi dalam menggunakan layanan tersebut, tetapi juga meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Keputusan Microsoft untuk menghadirkan asisten virtual Cortana ke Outlook memang terdengar paling menarik. Apalagi mengingat Microsoft sebenarnya sedang secara bertahap mematikan asisten virtualnya tersebut sejak setahun lalu.

Tapi dengan keberadaan Cortana di Outlook, pengguna tak hanya dapat mencari email, kontak, atau entri kalender, mereka juga bisa meminta Cortana membacakan email ketika pengguna sibuk.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article