icon-category Startup

Gak Cuma Setop 11 Podcast, Spotify PHK 5 Persen Karyawannya

  • 10 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi: Felipepelaquim/Unsplash

Uzone.id – Spotify baru saja melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 5 persen karyawannya. Kejadian PHK ini berkaitan dengan dihentikannya 11 podcast orisinal buatan Spotify.

Penyetopan 11 podcast orisinal ini akan berdampak pada studio Parcast dan Gimlet, dua perusahaan yang kini telah dipayungi Spotify. Dengan kata lain, PHK 5 persen tersebut berasal dari staf podcast Spotify.

Melansir dari TechCrunch, kabar ini sudah dikonfirmasi oleh pihak Spotify sendiri dan belum ada komentar atau penjelasan apapun dari platform streaming musik asal Swedia tersebut.

Adapun 11 podcast orisinal yang akan dihentikan yaitu How to Save a Planet, Crime Show, Every Little Thing, Medical Murders, Female Criminals, Crimes of Passion, Dictator, Mythology, Haunted Places, dan Urban Legends.

Baca juga: Strategi Gaet Pengguna Baru ala Disney, Netflix hingga Spotify

Spotify juga mengatakan di kuartal kedua tahun 2023, podcast Horoscope Today akan dihapuskan.

Dalam sebuah catatan internal, Chief Content Officer Spotify, Dawn Ostroff dan Head of U.S. Studios and Video, Julie McNamara menulis bahwa Nicole Beemsterboer akan menjadi managing director baru untuk Gimlet. Mereka juga telah menunjuk managing director baru untuk Parcast, yakni Liliana Kim.

Ini menjadi kali pertama Spotify berhenti memproduksi podcast orisinal di platformnya.

Kemungkinan langkah ini dilakukan untuk memperkuat kinerja deretan podcast orisinal dan eksklusif lainnya, mulai dari Batman Unburied, Call Her Daddy, dan The System: The Case of Kevin Keith milik Kim Kardashian yang terbaru.

Baca juga: Zuckerberg Diam-diam PHK 12 Ribu Karyawan Meta?

Selain itu kemungkinan Spotify ingin menyingkirkan hal-hal yang dianggap tidak perlu, dan bisa memberi ruang lebih bagi beberapa judul podcast orisinal dan eksklusif yang akan diumumkan perusahaan beberapa waktu mendatang.

Badai PHK yang menghantam sektor teknologi, terutama ekosistem startup digital, masih berlanjut hingga Q4 tahun ini.

Perusahaan Snap beberapa waktu belakangan dikabarkan tengah merencanakan PHK karyawan meski belum tahu kapan. Ada juga Meta yang baru-baru dikabarkan merumahkan 12 ribu karyawannya.

Hal ini juga menerpa perusahaan teknologi di Indonesia. Mulai dari Indosat Ooredoo, Shopee, hingga layanan logistik SiCepat.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini