icon-category Digilife

Gak Kaget, Anak-anak Indonesia Hobi Banget TikTokan dan Nonton YouTube

  • 17 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: CardMapr/Unsplash

    Uzone.id - TikTok dan YouTube, dua aplikasi ini jadi yang paling populer di semua kalangan. Gak cuman itu, dua aplikasi hiburan ini juga digemari anak-anak selama periode Januari-Maret 2022, menurut Kaspersky.

    Kaspersky Safe Kids mencatat beberapa aplikasi dan referensi yang paling populer dan banyak diminati anak-anak di Indonesia, salah satunya adalah YouTube dan juga TikTok. Selain itu, anak-anak juga ternyata hobi chatting-an dan menempatkan WhatsApp diantara popularitas YouTube dan TikTok.

    Dalam laporan Kaspersky, anak-anak Indonesia menempatkan YouTube sebagai aplikasi yang paling populer dengan persentase 28,23 persen. 

    Selanjutnya, anak-anak di Indonesia juga sudah mulai menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dari laporan Kaspersky, WhatsApp dipakai anak-anak Indonesia dengan persentase 23,68 persen. 

    Baca juga: Niat Sadap WhatsApp, Eh Malah Diperas

    Nah, di posisi ketiga ada TikTok sebesar 15,97 persen. Dari sini kita bisa melihat anak-anak lebih suka nonton Cocomelon dan Baby Shark dibanding main TikTok.

    Minat game anak-anak Indonesia memilih dua game yang paling banyak disukai, yang pertama adalah Roblox dengan persentase 8,27 persen dan juga Mobile Legends: Bang Bang sebanyak 4,23 persen.

    Tak hanya di Indonesia, YouTube juga populer di kalangan anak-anak dunia. Dari laporan Kaspersky, selama beberapa tahun terakhir, anak-anak banyak menghabiskan waktu di YouTube dengan persentase 31,6 persen.

    Selanjutnya, ada TikTok dengan persentase 19 persen, lalu diikuti WhatsApp (18 persen), game populer Roblox (7,5 persen) dan juga browser Chrome ada di posisi lima sebesar 7,3 persen.

    YouTube Kids yang punya konten terbatas khusus anak-anak justru tidak terlalu populer, anak-anak mungkin tahu kalau tak banyak yang bisa ditonton di YouTube versi ini.

    Anak-anak juga ternyata suka nonton kartun Jepang alias anime seperti Naruto dan My Hero Academia.

    Baca juga: Gak Jaman Ghosting! Ini Tips Akhiri Obrolan WhatsApp Tanpa Awkward

    Di media sosial yang banyak digandrungi anak-anak, beberapa video blogger atau vlogger seperti Sssniperwolf, Nikocado Avocado, Piper Rockelle, Michou dan Brent Rivera jadi kesukaan anak-anak. Video kreatif seperti 5-Minute Craft juga jadi video yang banyak di tonton anak-anak.

    Anak-anak juga sering berbagi meme untuk mengekspresikan ekspresi mereka lewat meme animasi, berupa animasi pendek dari karakter yang menari atau bernyanyi dari kreator lain.

    Gak cuman hiburan, YouTube, TikTok dan lainnya juga jadi platform yang bisa digunakan untuk edukasi anak-anak. Banyak anak-anak belajar (sambil bermain) lewat permainan seperti permainan komputer 2D  Geometry Dash dan YouTube Kurzgesagt – In a Nutshell.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini