icon-category Digilife

Gak Jaman Ghosting! Ini Tips Akhiri Obrolan WhatsApp Tanpa Awkward

  • 12 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Christian Wediger/Unsplash

    Uzone.id - Chatting di platform digital memang beda dengan bercengkrama di dunia nyata. Kalau sudah bosan dan tak ada lagi bahasan, kadang bingung untuk mengakhiri obrolan.

    Sebenarnya ada fitur seperti mematikan centang biru agar tidak ketahuan kalau kita sudah membaca pesan masuk. Ada juga opsi ghosting alias tiba-tiba menghilang dan tidak menjawab pesan di tengah percakapan.

    Tapi, ada beberapa cara halus yang bisa digunakan untuk mengatasi dilema mengakhiri obrolan di WhatsApp. 

    Baca juga: Akhirnya, 3 Fitur Ini Sudah Hadir di WhatsApp, Apa Saja?

    Andalan pertama adalah merespon obrolan dengan ekspresi tertawa lewat emoji tertawa atau mengetik ‘wkwkwk dan ‘hahaha’ saja. Respon ini dinilai ampuh karena nantinya si penerima akan bingung mencari topik lain untuk meneruskan percakapan dan berakhir mengirim respon serupa.

    Andalan kedua adalah menggunakan stiker, cara pamit yang halus ini mungkin masih bisa dibalas si penerima dengan mengirim stiker balasan dan berakhir dengan perang stiker. Namun, setidaknya kalian tak wajib untuk meladeni perang stiker ini dan bisa pamit begitu saja.

    Yang paling baru, WhatsApp memberikan cara baru untuk mengakhiri percakapan dengan halus lewat fitur Reactions. Fitur ini sudah dirilis beberapa waktu lalu bagi semua pengguna WhatsApp.

    WhatsApp-Reactions-1024x576

    Meskipun fitur ini dibuat agar percakapan lebih ekspresif, tapi netizen justru menggunakan fitur ini sebagai opsi lain untuk mengakhiri percakapan.

    Baca juga: Jual WhatsApp ke Facebook, Mantan Bos Menyesal Sekarang

    Untuk menggunakan fitur Reactions, pengguna hanya perlu memperbarui WhatsApp ke versi terbaru.

    Selanjutnya, buka ruang percakapan yang sudah ada. Lalu, tekan lebih lama bubble chat yang ingin diberi reaksi.

    Selanjutnya, akan ada 6 opsi reaksi yang disediakan, mulai dari emoji thumbs up, hati, tertawa, kaget, sedih dan tangan beradu.

    Lalu, klik salah satunya dan selesai, Reactions tersebut akan muncul di bawah chat yang dipilih.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini