icon-category Auto

Gak Pernah Nongol di Pameran, Apa Kabar Honda Mobilio?

  • 28 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Honda Mobilio masih menjadi salah satu mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) yang dijajakkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Meski demikian, mobil yang satu ini sudah tidak lagi dipamerkan seperti pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 kemarin.

Di sisi lain, Honda Mobilio juga menjadi satu-satunya produk yang belum mendapatkan penyegaran. Padahal saudaranya yakni BR-V yang mengisi segmen Low SUV sudah mendapatkan model terbaru.

Menanggapi hal ini, Yusak Billy selaku Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM buka suara. Menurutnya meskipun tak dipajang dalam pameran, tidak berarti Honda menghentikan penjualan Mobilio di Indonesia.

"Enggak (berhenti dijual), enggak, tenang saja," ujar Billy sapaan akrabnya ketika ditanya nasib Mobilio belum lama ini.

alt-img

Menurut Billy saat ini pihaknya sedang fokus menggarap segmen mobil Low SUV 7-seater. Pangsa pasar yang saat ini sedang bertumbuh juga ada di segmen tersebut, mengingat SUV Honda berkontribusi sebesar 51,3 penjualan mereka selama 2023 kemarin.

"Memang kami fokus ke LSUV fokus ke 7-seater sekarang ini, karena mengikuti infrastruktur di Indonesia, demen yang ground clearance tinggi. SUV lebih digemari dan naik terus ya, market share sudah 28 persenan secara nasional SUV dan LSUV kalau dijumlah," jelas Billy.

Honda Mobilio saat ini dijual untuk segmen fleet. Meskipun sedikit, namun masih terdapat peminat pada MPV dari Honda ini, tercatat terdapat 1.547 unit terjual selama 2023 lalu.

Namun Honda janya menjual satu tipe Mobilio saja yakni varian S M/T saja.

Kiprah Honda Mobilio di Indonesia sendiri diluncurkan sejak 2014 silam. Generasi keduanya terakhir kali mendapatkan ubahan pada tahun 2017 dan 2019.

Hanya saja peminat dari Honda Mobilio semakin merosot setiap tahunnya.

Sayangnya Honda masih enggan menyegarkan tampilan dari Honda Mobilio. Padahal pesaing-pesaingnya di Low MPV sudah mendapat banyak ubahan seperti pada All New Toyota Avanza, All New Daihatsu Xenia, New Mitsubishi Xpander, hingga All New Suzuki Ertiga Hybrid.

Akankah Honda Mobilio akan keluar dengan teknologi Hybrid untuk menghajar Suzuki Ertiga Hybrid yang menjadi salah satu kompetitornya? Namun Billy menyebutkan hal tersebut masih membutuhkan studi lebih lanjut.

"Mengenalkan suatu teknologi dengan model apa itu perlu studi jadi jangan sampai kita introduce teknologi hybrid, konsumen gak mau, karena daya belinya belum sampai ke sana. Kita harus tepat, ya. Konsumen seperti apa targetnya, harga range seperti apa, itu harus seperti apa," kata Billy saat disinggung soal hybrid entry level.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini