icon-category Gadget

Gak Sabaran, Fanboy Apple Bikin iPhone Lipat Sendiri

Uzone.id - Mungkin lelah menanti kehadiran iPhone lipat, YouTuber asal China dengan kanal ‘Tech Aesthetic’ berhasil membuat konsep ponsel lipat Apple dengan nama iPhone V. Bentuk smartphone lipat ini mirip seperti Motorola Razr maupun Samsung Galaxy Z Flip Series, dengan konsep ala ponsel clamshell.

Ponsel yang dapat dilipat kini menjadi tren baru di industri smartphone. Sudah banyak vendor smartphone Android yang melahirkan ponsel dengan layar fleksibel ini, mulai dari Samsung, Motorola, Xiaomi, Oppo, Vivo, sampai Huawei, telah memiliki portofolio produk sendiri.

Apple yang sejak lama digembar-gemborkan bakal merilis iPhone lipat, ‘terkesan pasif’ di industri ini. Memang ada sejumlah desas-desus tentang pengembangan iPad ataupun iPhone dengan layar yang bisa dilipat, tapi hingga kini hanya sebatas rumor saja.

Baca juga: Samsung Bocorin Rencana Apple, Rilis iPad Lipat di 2024

Ogah menunggu, YouTuber asal China justru memodifikasi iPhone menjadi sebuah ponsel lipat. Basis yang digunakannya adalah iPhone generasi terbaru (kemungkinan iPhone 13 atau iPhone 14) dengan engsel copotan dari Motorola Razr 2019.

Membuat iPhone lipat dengan material dan alat yang lebih terbatas membuatnya butuh ratusan kali percobaan, melalui banyak kesalahan dan butuh 1 tahun kerja keras untuk membuat iPhone V benar-benar bisa diwujudkan.

Layar iPhone dipreteli untuk mempelajari bagaimana daya tahan layar iPhone, terutama saat dilipat. Total 37 kali percobaan yang dilakukan fanboy Apple ini, hingga akhirnya berhasil melipat layar iPhone tersebut.

Kemudian, ia membongkar Motorola Razr 2019 untuk diambil engsel dan mekanisme lipat lainnya. Lalu, ia juga membuat motherboard khusus menggunakan printer 3D untuk mengakomodasi internal iPhone lipatnya.

Karena ruang yang terbatas, YouTuber tersebut juga memangkas kapasitas baterai menjadi 1.000 mAh saja.

Dari sisi software, Tech Aesthetic juga mengubah tampilan iOS agar sesuai dengan form factor layar lipat dengan memanfaatkan sejumlah mod yang sudah melalui proses jailbreak. Alhasil, seperti Samsung Galaxy Z Flip4, dua aplikasi bisa berjalan di kedua sisi layar.

Baca juga: Alasan Kenapa Inovasi Samsung Mampu Kuasai Pasar Ponsel Lipat

Setelah dilakukan berbagai uji coba, baik UX dan UI, akhirnya iPhone V berhasil ia ciptakan. Namun mengingat ini adalah proyek pribadi, sudah pasti produk ini tidak dijual bebas.

Tapi setidaknya, kita sedikit dapat gambaran bagaimana bentuk iPhone lipat yang mungkin akan dirilis Apple dalam beberapa tahun ke depan.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini