icon-category Gadget

Gak Sebatas Watermark, Ini Kelebihan Kamera Leica di Xiaomi 14

Bagikan :

Uzone.id - Xiaomi bakal meluncurkan smartphone flagship terbaru, sekaligus jadi ponsel kedua dengan kamera yang diracik langsung oleh Leica di Indonesia. Siapa lagi kalau bukan, Xiaomi 14 yang rencananya akan meluncur pada 26 Maret mendatang.

Seperti Xiaomi 13T, kolaborasi Xiaomi dan Leica untuk Xiaomi 14 bukan hanya di level software saja, tapi sampai ke hardware. Menurut Calvin Nobel selaku Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, Xiaomi 14 memiliki tiga kamera belakang yang seluruhnya didukung dengan lensa dari Leica.

“Kamera utama Xiaomi 14 menggunakan lensa Leica Summilux, salah satu model lensa Leica,” katanya dalam acara Xiaomi Masterclass: Shades of Bali Through the Legendary Lens, di Bali, Minggu (17/3).

Xiaomi 14 memiliki kamera utama dengan sensor custom rancangan Xiaomi, yakni Light Fusion 900 50 MP berukuran 1/1.31” yang sanggup menangkap cahaya lebih banyak, serta dapat menangkap gambar dengan detail dan warna yang lebih tajam.

Calvin menyebutnya kamera powerful, lantaran dilengkapi lensa Leica Summilux dengan focal length setara 23 mm, lengkap dengan susunan lensa 7P Aspherical untuk meningkatkan kualitas gambarnya.

“Gak cuma embel-embel naruh warna atau watermark, ada beberapa lapisan yang dimasukkan, seperti 7P Aspherical Lens,” jelas Calvin. 

Kelebihan dari kamera Xiaomi 14 bukan cuma di lensa utama saja, tapi juga telephoto. Xiaomi menyebutnya sebagai Leica Telephoto 50 MP dengan focal length setara lensa 75mm dengan kemampuan 3,2x optical-zoom.

alt-img

Yang menarik dari kamera ini, Xiaomi membenamkan teknologi Floating Telephoto Lens. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memotret seperti memakai lensa tele-macro, lantaran dapat mengambil gambar 3,2x optical-zoom dari jarak sedekat 10cm. 

“Kualitasnya objek yang difoto dari dekat jadi tajam dan bagus, apalagi background blur-nya yang makin oke. Dengan teknologi ini memotret foto portrait dari jarak 50 cm juga bisa,” terangnya.

Lalu tak kalah penting, ada Leica Ultrawide 50 MP dengan focal length setara 14mm. Kamera ini punya bukaan lensa yang tergolong besar mencapai f/2.2.

“Kita punya tiga pilihan lensa yang semuanya menggunakan 50 MP,” ucap Calvin.

Kombinasi kamera tersebut dimaksimalkan oleh tone warna yang mirip dengan kamera Leica aslinya, yakni Leica Authentic dan Leica Vibrant. Leica Authentic memberikan kualitas otentik ala kamera Leica dengan warna yang lebih natural, sementara Vibrant memberikan adaptasi warna yang lebih tajam dari biasanya.

Bukan hanya foto saja yang jadi fokus dari Xiaomi 14, video juga dimaksimalkan potensinya. Dibekali layar 6,36 inci dengan HDR10+ dan Dolby Vision, serta prosesor Snapdragon 8 Gen 3, Xiaomi 14 sanggup merekam video sampai resolusi 8K.

Ada beberapa mode pengambilan gambar, seperti Movie Mode dengan Rack Focus yang memberikan efek sinematik serta transisi fokus yang mulus, shooting video di mode Dolby Vision, hingga 4K pada 60 FPS untuk kamera depan.

“Perekaman 4K @60 FPS untuk kamera depan sangat ditunggu oleh para Mi Fans,” pungkas Calvin.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini