home ×
Technology

Galaxy Note 9 Sediakan Versi Memori 512GB, Mubazir Nggak Sih?

11 August 2018 By
Galaxy Note 9 Sediakan Versi Memori 512GB, Mubazir Nggak Sih?
Share
Share
Share
Share

Uzone.id -- Produk Galaxy Note 9 dari Samsung sudah diluncurkan. Di Indonesia, Galaxy Note 9 dijual dalam dua versi. Salah satunya, RAM 8GB dengan kapasitas penyimpanan 512GB. Gede banget, kan?

Bagi sebagian orang, mungkin ada yang menganggap memori penyimpanan 512GB sangatlah besar dan akan lebih memilih versi lebih kecilnya, yakni RAM 6GB ROM 128GB. Selain lebih murah, mungkin berpikir agar nggak mubazir.

Lantas, apakah memori 512GB akan mubazir?

Karena penasaran, akhirnya hal ini ditanyakan kepada Product Marketing Manager Samsung Mobile Indonesia, Annisa Maulina.

Baca juga: Laporan dari New York: 5 Pengumuman Penting di Galaxy Unpacked

“Memori internal 512GB itu nggak mubazir, sih. Karena banyak orang yang bermasalah dengan kapasitas penyimpanan. Ada yang merasa nggak cukup kalau cuma 64GB. Untuk ibu-ibu muda seperti saya aja, saya sering foto-foto dengan teman dan menyimpan video anak saya. Ada yang videonya sampai 15 menit, setengah jam. Belum lagi file penting untuk presentasi di kantor. Jadi 512GB akan sangat berguna bagi yang produktivitasnya tinggi,” ujar Annisa kepada sejumlah media di Galaxy International Experience Store, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Jumat sore (10/8).

Ada pula penjelasan lain dari sisi teknis oleh Lucky Sebastian selaku pendiri komunitas penggemar gadget terbesar di Indonesia, Gadtorade.

Di tempat yang sama, Lucky mengatakan, penyimpanan internal alias ROM itu memiliki kecepatan yang lebih mantap dibanding memory card eksternal.

“Saya pernah tes, memori internal smartphone itu 7 sampai 10 kali lipat lebih cepat dibanding memory card. Maksud saya adalah, ketika ada produk yang memberi kapasitas memori sebesar ini, harusnya sudah sangat menguntungkan,” kata Lucky.

Ada pun beberapa tipe orang yang menurut Lucky akan merasa bahwa Galaxy Note 9 berkapasitas 512GB ini nggak bakal dianggap mubazir.

Pertama, tipe gamer. Game Fortnite yang sudah bisa dicicipi langsung di Galaxy Note 9 ini ukuran aplikasinya saja sudah 2GB.

“Itu baru satu game. Kalau orang yang doyan game mobile dan hobi mencoba banyak game lainnya, pasti membutuhkan ruang banyak di ponsel. 512GB tentu nggak akan mubazir buat mereka,” lanjut Lucky.

Kedua, tipe doyan foto-foto. Tipe ini sudah disebutkan oleh Annisa dan memang benar adanya. Orang yang doyan foto dan rekam video macam-macam akan membutuhkan memori besar.

Apalagi orang-orang yang aktif memakai media sosial, sudah pasti rajin foto, mulai dari selfie, foto makanan, foto jalan-jalan, dan beragam video untuk dipublikasikan di Instagram dan lain sebagainya.

Tipe ketiga, nyaris mirip sih, yaitu YouTuber atau kreator konten kreatif.

“Para YouTuber atau kreator konten ini pasti harus membuat banyak konten yang ukuran filenya besar. Sekarang mau upload di YouTube seringnya 4K, belum lagi strategic planning mereka, dan lain sebagainya. Jadi, selain untuk para pekerja bisnis, orang kantoran, Galaxy Note 9 memori 512GB ini nggak akan mubazir bagi pekerja kreatif,” tutup Lucky.

Di Indonesia, Galaxy Note 9 versi RAM 6GB ROM 128GB dijual seharga Rp13,49 juta. Sedangkan versi RAM 8GB ROM 512GB harganya mencapai Rp17,9 juta.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article