icon-category Gadget

Galaxy Z Flip3 Tetap Eksis, Samsung Pensiunkan Galaxy Z Fold3

Uzone.id - Samsung Galaxy Z Flip4 dan Fold4 telah diluncurkan di Indonesia. Penjualan dengan skema pre-order telah dimulai, sementara penjualan perdananya akan digelar pada 1 September mendatang. 

Walau Galaxy Z Flip4 resmi dipasarkan di Indonesia, Samsung memutuskan tak akan menghentikan produksi dan penjualan generasi sebelumnya, Galaxy Z Flip3 di Indonesia.

Lo Khing Seng selaku Head of Mobile Experience Business Samsung Indonesia mengatakan, smartphone lipat tersebut memiliki penjualan yang stabil sejak launching perdana pada tahun lalu. 

“Biasanya polanya sangat besar di awal, lalu terus menurun dan akhirnya selesai. Ternyata ini (Z Flip3) cukup stabil, kita lihat memang di situ ada peluang untuk me-mainstream-kan foldable phone,” jelasnya, dalam interview eksklusif di Jakarta, Jumat (26/8).

Lo Khing Seng, Head of Mobile Experience Business Samsung Indonesia

Ia pun mengungkap, setelah Samsung Galaxy Z Flip4 dijual resmi di Indonesia pada 1 September mendatang, harga Galaxy Z Flip3 bakal turun di Indonesia. Hanya saja, ia belum menyebutkan banderol harga smartphone lipat bertenaga Snapdragon 888 tersebut.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Z Flip4 di Indonesia Lebih Murah dari Z Flip3

“Iya dong (harganya akan turun),” imbuh Khing Seng.

Beda nasib, Samsung Galaxy Z Fold3 justru bakal discontinue alias tidak akan diproduksi dan dijual lagi di Indonesia.

"Untuk Fold3 gak akan diteruskan, Flip3 kita akan teruskan," ujarnya.

Samsung Galaxy Z Flip4 bawa upgrade signifikan

Secara kasat mata, Galaxy Z Flip4 terasa seperti tak memiliki upgrade signifikan ketimbang generasi sebelumnya. Tapi, Khing Seng menjelaskan bahwa smartphone ini membawa banyak perubahan dibanding seri terdahulu.

Smartphone ini memiliki engsel yang lebih ramping dengan rangka yang lebih kuat. Secara kosmetik, ponsel lipat canggih tersebut juga tampil beda dengan Bespoke Edition yang memungkinkan pengguna memiliki smartphone yang lebih personal.

Di samping itu, secara spesifikasi juga lebih baik. Dari prosesor, smartphone tersebut telah ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1 yang lebih kencang dari Snapdragon 888 pada Galaxy Z Flip3. Kapasitas baterainya pun lebih besar menjadi 3.700 mAh yang sudah didukung fast charging 25W.

Baca juga: 5 Upgrade dan Kelebihan yang Dibawa Samsung Galaxy Z Flip4

“Di sisi desain, sepintas memang mengikuti legacy sebelumnya. Tetapi banyak user experience yang signifikan berbeda,” ucap Khing Seng.

Terkait harga, Samsung Galaxy Z Flip4 sendiri dijual dengan harga mulai Rp13,9 jutaan untuk model terendah 128 GB, Rp14,9 jutaan untuk varian memori (256 GB), Rp15,4 jutaan untuk edisi Bespoke yang spesial, serta Rp16,9 jutaan untuk model tertinggi dengan memori penyimpanan 512 GB.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini