icon-category Digilife

Game Bisa Jadi ‘Gerbang’ buat Metaverse

  • 20 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    (Foto: XR Expo / Unsplash)

    Uzone.id - Selain mata uang kripto dan non-fungible token (NFT), metaverse juga menawarkan game di dalamnya. 

    Malah, game jadi andalan untuk mengenalkan metaverse kepada masyarakat luas karena sifatnya yang menghibur.  

    Siapa sih yang gak doyang main game? Dari mulai permainan sederhana macam Candy Crush Saga hingga permainan yang lebih rumit macam Free Fire.  

    Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan aset berupa mata uang kripto, ternyata bisa dengan memainkan game yang sudah kecipratan metaverse.

    BACA JUGA: Masih Bingung? Ini Kaitan Antara Metaverse, NFT dan Kripto

    Sebagian game yang memiliki esensi ke-metaverse-metaverse-an, mereka menawarkan token atau koin jika menjadi pemenang. 

    Ketika pandemi Covid-19 menyerang Indonesia sejak Maret 2020, industri game bukannya surut, namun malah berkembang pesat.

    Azizah Assatari, CEO Lentera Nusantara, mengatakan bahwa game sudah selangkah lebih maju di dunia metaverse.

    Cuma, bedanya kita akan menyebut game sebagai metaverse ketika punya fungsi yang terhubung ke Web 3.0 atau internet generasi ketiga.

    Maksudnya gimana, ya?

    “Kalau seperti game online itu sebenarnya dia punya server. Dan server game itu ekosistemnya relay sama servernya dan semua terjadi dalam server tersebut. Namun, ketika kita satu server itu tidak hanya relay pada dirinya sendiri tapi dia sudah bisa mengintegrasi fungsi metadata lainnya, di situlah dia berfungsi sebagai metaverse,” terang Azizah saat berbicara di program Uzone Talks bertajuk ‘Jangan Salah Kaprah Soal Metaverse, NFT, dan Crypto’ yang tayang di kanal YouTube Uzone.id.

    BACA JUGA: Hyundai Bakal Rilis 30 NFT, Kolab dengan Gorilla Meta Kongz

    Azizah kemudian mengatakan bahwa game sudah play-to-earn atau tidak, namun fenomena metadata sudah terjadi di banyak fungsi ekosistem digital lainnya.

    "Misalnya kita relay dari Instagram ke Facebook, dari Facebook ke mana, itu sebenarnya adalah fondasi-fondasi core dari metaverse,” kata dia.

    Apa itu game play-to-earn?

    Untuk penjelasan sederhana, game play-to-earn adalah video game di mana pemain dapat menerima hadiah yang senilai dengan dunia nyata.

    Sementara itu, orang-orang telah menghasilkan uang dari bermain video game setelah munculnya teknologi blockchain dan NFT yang telah mengubah permainan.

    Gimana menurut kalian?

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini