home ×
Gadget

Gantikan Kaca,Ponsel Masa Depan Mungkin Terbuat dari Bahan Kayu

06 October 2020 By
Gantikan Kaca,Ponsel Masa Depan Mungkin Terbuat dari Bahan Kayu
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Mobile Syrup)

Uzone.id - Teknologi berkembang secara eksponensial dalam beberapa tahun terakhir, dan sekarang sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa bahan transparan yang terbuat dari kayu dapat menggantikan kaca di masa depan.

Peneliti Junyong Zhu dan tim melakukan penelitian yang dilakukan bekerja sama dengan Universitas Maryland dan Colorado.Tim telah mengembangkan bahan yang terbuat dari kayu Balsa. Dan, menurut para ahli, kayu transparan lebih tahan lama dan ringan dari kaca.

Baca juga: Galaxy M31 Baterai 7.000 mAh Siap Diboyong ke Indonesia

Berada dalam genus tumbuhan berbunga, pohon ini tumbuh lebih cepat dan bisa mencapai ketinggian 30m. Pemanfaatannya Ini sudah dapat diterapkan secara luas di bidang pembuatan model, pengepakan, isolasi, dan perangkat pelampung.

Nah, bila digunakan untuk membuat bahan ponsel, kayu dari pohon Balsa mengalami rendaman oksidasi pada suhu kamar. Selain itu, alkohol polivinil (PVA) digunakan untuk membuatnya hampir transparan seperti Kaca.

Seperti dikutip Uzone.id dari Phone Arena, Selasa (6/10), laporan tersebut mengatakan kayu transparan dari Balsa ini lima kali lebih efisien dalam hal termal, tahan lama, dan lebih ringan dari Kaca.

Baca juga: Tak Ada Peningkatan, Baterai Galaxy S21 Ultra Cuma 5.000mAh?


Kehadiran selulosa alami, jika dikombinasikan dengan polimer PVA, kabarnya akan membuat bahan transparan tersebut juga bisa dibengkokan.

Selain itu, material serpihan, tidak seperti Kaca yang pecah saat pecah. Artinya kayu transparan akan robek menjadi potongan-potongan kecil berbentuk spikula jika rusak.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article