icon-category Digilife

Gara-gara Ini, Pengguna Apple Telat Dapat Update Telegram

  • 15 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Christian Wiediger/Unsplash

    Uzone.id - Pembaruan terbaru dari Telegram versi iOS harus ditahan selama 2 minggu lamanya setelah adanya masalah dengan kebijakan Apple.

    10 Agustus lalu, Bos Telegram, Pavel Durov mengatakan kalau update terbaru aplikasi terjebak dalam proses peninjauan Apple untuk 2 minggu kedepan tanpa ada alasan jelas dari Apple.

    Dilansir dari The Verge, pembaruan ini telah dirilis kemarin, (14/08) waktu setempat. Bos Apple tentunya tak ingin diam dan langsung turun tangan.

    Baca juga: Facebook Ditinggal Gen Z, Gara-gara Jadul!

    "(masalah) ini adalah langkah membingungkan atas nama Apple, karena Telemoji akan membawa dimensi baru ke emoji statis beresolusi rendah dan akan secara signifikan memperkaya ekosistem mereka," tulis Durov dalam postingannya, dikutip dari Engadget, Senin, (15/08).

    Foto: Telemoji (Dok. Telegram)

    Ia menjelaskan alasan kenapa Apple menahan pembaruan mereka, Apple meminta Telegram untuk menghapus fitur terbaru Telemoji dari platform mereka. Seperti yang dikatakan Durov, fitur ini merupakan “versi animasi vektor yang punya kualitas lebih tinggi dari emoji biasa.”

    Ia bahkan menyertakan pratinjau emoji tersebut yang ternyata mirip dengan emoji dasar milik Apple. Tapi tentunya ada perbedaan di dalamnya, beberapa animasi terlihat lebih menyenangkan dan membuat pesan lebih ekspresif.

    Baca juga: Biaya Langganan Disney+ Hotstar Bakal Naik!

    Durov mencatat ada lebih dari 10 paket emoji baru dalam update Telegram ini, ia mengatakan perusahaan akan terus berusaha membuat Telemoji "lebih unik dan dapat dikenali."

    Jika penahanan update terbaru ini terus berlangsung 2 minggu kedepan, pengguna iOS harus bersabar untuk mendapatkan fitur terbaru Telemoji yang sudah dirilis oleh Telegram.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini