icon-category Auto

Gara-gara Kopi 'Ngocok Yuk', Mobil Carry Tua Diamankan

  • 05 Nov 2019 WIB
  • Bagikan :

    Suzuki Carry yang diamankan Satpol PP Kota Padang, Sumatera Barat (Foto: Humas Satpol PP Kota Padang)


    Uzone.id - "Apa salah dosa, sayang", sepenggal lirik lagu Jaran Goyang yang dipopulerkan Nella Kharisma untuk menggambarkan mobil Suzuki Carry tua tanpa dosa tiba-tiba yang digaruk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Kota Padang, Sumatera Barat, pada Rabu (30/10/2019).

    Pasalnya, Carry tua itu dituding sudah menyebarkan hal tak senonoh. Lah, kok bisa?

    Jadi begini, mobil tersebut sudah dimodifikasi sedemikian rupa hingga jadilah mobil toko. Mobil itu dipakai pemiliknya untuk jualan kopi gaul merek 'Ngocok Yuk' yang punya tagline 'Makin Dikocok Makin Nikmat'.

    Baca juga: Cuci Gudang! Chevrolet Kasih Diskon Sampai Rp80 Jutaan

    Bernada provokatif sih, namun bisa bikin kita ketawa geli juga. 'Ngocok Yuk' sendiri kependekan dari 'ngopi cokelat'.

    Carry tua itu diamankan saat berada di kawasan Stadion Agus Salim, Padang. Kalau dari lihat tampangnya secara sekilas sih, Carry tua itu produksi tahun 1990an memiliki mesin 1.0L 

    Kalau dari penuturan Kepala Satpol PP Padang, Al Amin, sih, frase 'Ngocok Yuk' telah melanggar norma agama di Minang. Eit, berbeda pandangan nih sama Winda Varesa sang pemilik Ngocok Yuk. Menurut Winda, usaha waralabanya ini sudah dioperasikan di daerah-daerah, namun baru di Sumatera Barat saja nama mereknya diprotes

    Bicara soal sejarah Suzuki Carry yang sudah jadi bagian legenda di Indonesia, untuk generasi pertama dirilis tahun 1984. Dikenal juga sebagai Carry Bagong karena kepalanya yang agak monyong. Generasi pertama masih pakai rem tromol di ban depan maupun belakang.

    Baca juga: The New X1, Mobil BMW Paling Murah di Indonesia Resmi Dirilis

    Suzuki Carry ditanamkan mesin berkode F10A dengan kubikasi 970 cc, 4 silinder, OHC. Bisa hasilkan tenaga maksimum 44 hp per 5.300 RPM dan torsi maksimum 75 Nm per 3.200 RPM,

    Mesin legendaris yang dikenal irit BBM itu juga diandalkan pada Suzuki Katana, Suzuki Jimny, Suzuki Forsa dan Suzuki Karimun, lho gaes.

    Kemudian hadir Suzuki Carry generasi ke-2 yang dikenal sebagai Carry Extra yang rilis 1986 yang mengandalkan facelife dengan lampu trapesium. Suzuki kemudian merilis generasi ke-3 Carry pada tahun 1988 dengan lampu kotak. Ada ubahan juga di bagian kabin dan dasboar. Mesin masih sama pakai F10A namun power didongkrak sampai 50 hp dengan 5-percepatan. Generasi ke-2 di bagian roda depan disandingkan rem cakram dan ditanamkan juga tachometer.

    Kejayaan Suzuki Carry juga sampai ke generasi ke-4 yang rilis 2005. Ada ubahan di suplai BBM, yang tadinya karburator menjadi injeksi. Sayangnya, Carry mesin 1.0L tak lagi dijual tahun 2006.

    VIDEO Review BMW M330i

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini