icon-category Digilife

Gara-gara Metaverse, Harta Mark Zuckerberg Anjlok Rp1.000 Triliun

  • 23 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: CEO Meta, Mark Zuckerberg

    Uzone.id - Salah satu orang terkaya termasuk bos besar perusahaan raksasa Meta, Mark Zuckerberg harus rela kehilangan hartanya sebesar USD71 miliar atau sekitar Rp1.000 triliun tahun ini.

    Penurunan yang cukup fantastis ini membuatnya merosot ke posisi ke-20 orang terkaya di dunia. Padahal sebelumnya, Zuckerberg berada di posisi ke-6 orang terkaya di dunia pada Januari lalu versi Bloomberg Billionaires Index.

    Anjloknya kekayaan Zuckerberg ini disebut-sebut karena proyek metaverse yang sedang ia wujudkan saat ini. Demi metaverse ini, ia rela bertaruh besar.

    Baca juga: Tahun Depan, Kreator YouTube Shorts Makin Gampang Cari Cuan

    Dilansir dari Bloomberg, penurunan ini merupakan yang terbesar di kalangan orang terkaya di dunia. Bahkan, ini juga disebut lebih besar daripada PDB 120 negara.

    Setelah kehilangan harta yang cukup fantastis, kekayaan Zuckerberg kini mencapai USD55,9 miliar atau sekitar Rp838 triliun, dari yang sebelumnya berada di kisaran USD142 miliar (Rp2.100 Triliun) pada awal tahun ini.

    Sebenarnya, kekayaan Zuckerberg terus menurun semenjak Facebook berganti nama jadi Meta. Perusahaan juga mengaku kesulitan menambahkan pengguna aktif bulanan di platformnya.

    Baca juga: Teknologi Perekrutan Karyawan, dari Keamanan Data hingga Metaverse?

    Penurunan signifikan pendapatan Meta juga didorong karena taruhan USD10 miliar pada proyek Metaverse. Semenjak saat itu, saham mereka anjlok menjadi USD148 per saham dari yang sebelumnya USD332 per saham.

    Tahun ini, saham Meta turun 56,23 persen dan ini tentunya berefek pada kekayaan Zuckerberg pasalnya ia memegang sekitar 350 juta saham Meta atau setara USD51,86 miliar (berdasarkan harga saham USD148 per saham).

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini