icon-category Digilife

Tahun Depan, Kreator YouTube Shorts Makin Gampang Cari Cuan

  • 21 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Di tahun depan, kreator konten sudah bisa cari uang tambahan yang lebih layak via YouTube Shorts. Kabar gembira ini belum berlaku secara global, lantaran YouTube pun belum memberikan pengumuman resminya.

    Dilaporkan The New York Times, YouTube sedang mencoba untuk menampilkan iklan di YouTube Shorts. Pengujian sendiri dilakukan di beberapa wilayah di Amerika Serikat (AS).

    Sebelumnya, kreator konten YouTube Shorts sebenarnya sudah bisa mendapatkan penghasilan melalui Shorts Fund. Namun, bayaran yang diterima begitu rendah, bahkan jauh lebih rendah dari opsi monetisasi yang diterima pembuat konten YouTube.

    Dengan adanya fitur monetisasi di Shorts, kreator bisa mendapatkan cuan yang lebih besar sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Memang belum jelas terkait ketentuan untuk mengaktifkan fitur monetisasi di YouTube Shorts ini.

    Baca juga: Tips Cepat Download Video dan Musik dari YouTube Anti Gagal!

    Tetapi, ada satu persyaratan umum yang telah ditetapkan oleh YouTube di platform-nya, yakni kreator harus memiliki minimal 1.000 subscribers dan total tayangan diputar 4.000 jam.

    Kemungkinan khusus YouTube Shorts, ada sedikit penyesuaian dari YouTube untuk memudahkan pengguna mencari uang tambahan lewat video berformat vertikal ini. Apalagi, video yang tampil juga pada umumnya berdurasi pendek.

    Untuk pembagian hasil iklan, YouTube menawarkan 45 persen dari pendapatan iklan kepada kreator YouTube Shorts atau lebih rendah 10 persen dari video beriklan yang ditampilkan di YouTube.

    Baca juga: Makin Sering Muncul, YouTube Uji Coba 10 Iklan Tanpa Skip?

    Pembagian hasil ini jauh lebih oke daripada TikTok yang bahkan sama sekali tidak memberikan pendapatan apapun buat kreator. Para kreator konten mendapatkan pundi-pundi penghasilan dari endorsement brand tertentu.

    Dikabarkan sebelumnya, YouTube juga tengah melakukan uji coba untuk menampilkan 10 iklan sekaligus dalam satu video dan tanpa ada opsi untuk melewatinya. 

    Walau jumlah iklannya banyak, tapi durasinya hanya 5 sampai 6 detik saja. Jadi, jika dihitung, durasi iklan dari 10 iklan yang tidak dapat dilewati akan berlangsung sekitar 60 detik.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini