icon-category Auto

GIIAS 2022: Spesifikasi Subaru BRZ, Harga Lebih Murah dari Toyota GR86

  • 13 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    All New Subaru BRZ meluncur di GIIAS 2022 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Sports car Subaru BRZ generasi ke-2 resmi meluncur di pameran otomotif GIIAS 2022 yang berlangsung di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten. 

    Subaru BRZ membawa mesin tipe boxer dengan kapasitas 2.4 liter naturally aspirated (NA) yang menyemburkan tenaga 237 ps @7,000 rpm dan torsi puncak 250Nm yang sudah dapat dirasakan mulai 3,700rpm.

    Mesin terbaru ini hadir dengan tenaga yang meningkat lebih dari 15 persen, throttle response yang lebih responsif, dan torsi yang lebih merata di semua putaran, namun tetap kompak dan ringan.

    Konfigurasi mesin ini juga memungkinkan ultra-low center of gravity untuk memastikan kestabilan melahap tikungan, khususnya saat digunakan di lintasan balap.

    Baca juga: Wujud Daihatsu Ayla EV Concept, Si Penantang Wulung Air ev

    Subaru BRZ ditenagai mesin baru, lengkap dengan Driving Mode

    Untuk transmisi, Subaru BRZ dengan transmisi 6-percepatan manual close-ratio dan 6-percepatan direct control automatic dengan adaptive control dan paddle-shifter.

    Pada the all-new Subaru BRZ transmisi otomatis, turut dilengkapi dengan fitur keselamatan bantuan pengemudi bernama Subaru EyeSight generasi ke-4. Fitur ini mencakup fungsi adaptive cruise control, pre-collision braking system, lane departure and sway warning, dan lead vehicle start alert. Pada varian transmisi otomatis juga tersedia dengan opsi high beam assist.

    Terlepas dari wujudnya sebagai sports car, Subaru BRZ tidak mengorbankan kenyamanan dan kepraktisan harian. Tempat duduk 2+2 dan kursi belakang yang dapat dilipat dengan rata, menciptakan area kargo yang berguna untuk membawa sepeda gunung, golfbag, atau bahkan empat ban dan peralatan balap untuk trackday.

    Memanfaatkan aluminium untuk atap, fender depan, dan kap mesin, Subaru BRZ 2022 memiliki bobot di bawah 1.300kg. Ditambah, mobil ini dilengkapi suspensi depan dengan struts dan coil springs untuk menjaga bobotnya tetap rendah.

    Menggunakan elemen desain dari Subaru Global Platform, sasis telah memperoleh kekakuan melalui sistem pemasangan sasis yang diperkuat, sub-frame architecture, dan titik koneksi yang diperkuat.

    Subaru BRZ pun dilengkapi grill hexagonal dengan posisi rendah dan lebih lebar, menandakan titik gravitasinya. Garis karakter mulai dari gril depan berlanjut ke fender depan ke samping dan mengekspresikan sports car yang maskulin.

    Subaru BRZ menawarkan sistem traksi dan stabilitas Vehicle Stability Control (VSC) standar yang menawarkan lima pengaturan berbeda kepada pengemudi, termasuk di dalamnya Track Mode.

    Sistem tersebut telah didesain ulang untuk memungkinkan lebih banyak input dari pengemudi sebelum mengaktifkan sistem traksi. Sistem dapat dimatikan sepenuhnya untuk membuat pengemudi memegang kendali penuh, contohnya dalam melakukan drifting.

    Baca juga: Jajaran 5 Mobil GR Sport Baru Toyota

    Karak sumbu roda dari Subaru BRZ mencapai 101,4 inci. Dengan distribusi bobot yang hampir sempurna, Subaru BRZ gesit dan mudah dikendalikan.

    Interior dan sistem entertainment baru

    All-new Subaru BRZ hadir dengan interior baru dengan setiap detail terfokus pada pengemudi. Dasbor digital 7-inci baru dengan titik fokus berbentuk tachometer tampilkan pembacaan speedometer digital terintegrasi.

    Di sebelah kirinya adalah layar yang dapat menampilkan G-Force meter, power display, lap timer, battery & temperature meter, dan trip meter. Ketika BRZ ditempatkan dalam Track Mode, tachometer secara otomatis bergeser ke grafik linier dengan tampilan warna yang lebih mudah dibaca bertujuan membuat pengemudi untuk lebih fokus pada jalan.

    Desain kabin secara keseluruhan memiliki konsep kontemporer dan modular dengan fasilitas pengemudi yang ditingkatkan. Ditambah, kursi bucket berkontur dalam memberikan dukungan tulang belakang pengemudi dan disempurnakan dengan jahitan red detail stitching.

    Untuk memastikan dinamika khas sports car, posisi tempat duduk BRZ rendah tetapi memiliki garis pandang yang sangat baik melalui arsitektur baja berkekuatan tinggi di pilar A, B dan C, serta membuatnya tetap tipis namun kuat.

    Untuk urusan entertainment, tersedia layar sentuh berukuran 8-inci diutamakan di center console dan lengkap dengan sistem multimedia terbaru, termasuk integrasi smartphone standar dengan Apple CarPlay dan Android Auto, serta konektivitas telepon hands-free Bluetooth dan streaming audio, dan kamera mundur.

    Harga Subaru BRZ

    Subaru BRZ transmisi manual - Rp825.000.000

    Subaru BRZ transmisi automatic - Rp850.000.000

    Baca juga: Harga Toyota GR 86 di Indonesia

    Harga tersebut lebih murah dari All New Toyota GR 86 (penerus Toyota 86) yang dijual Rp938.500.000 untuk transmisi automatic dan Rp922.000.000 untuk transmisi manual.

    Harga tersebut berstatus on the road (OTR) DKI Jakarta, Bekasi, dan Banten. Oiya, Subaru sendiri menjalani comeback di Indonesia mulai tahun ini setelah sebelumnya absen 7 tahun tidak mengisi pasar dalam negeri dengan produknya.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini