home ×
Startup

Go Local, Tokopedia dan Pemkot Depok Dukung Digitalisasi Ribuan UMKM

26 August 2021 By
Go Local, Tokopedia dan Pemkot Depok Dukung Digitalisasi Ribuan UMKM
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Pandemi tidak menyurutkan niat Pemerintah dan platform digital untuk terus membantu UMKM bangkit dan meningkatkan perekonomian Indonesia. Salah satunya upaya Pemerintah Kota Depok (Pemkot Depok) yang menggandeng Tokopedia dalam Depok Virtual Expo. 

Depok Virtual Expo yang digelar dalam rangka hari UMKM Nasional ini mengangkat tiga tema yang sangat menarik untuk UMKM lokal. Pertama adalah Go Digital yang menggandeng marketplace Tokopedia untuk bisa membantu para UMKM beradaptasi dengan dunia digital agar mampu menembus pasar yang lebih besar. Tak hanya saat expo berlangsung, pendampingan dengan UMKM pun akan dilakukan usai event.

young-asia-businesswoman-using-mobile-phone-call-receiving-purchase-order-check-product-stock-work-home-office-small-business-owner-online-market-delivery-lifestyle-freelance-concept

Foto: Ilustrasi (Freepik)

Selain itu, Pemkot Depok juga mencanangkan tema Bela Produk Lokal. Komitmen pemerintah ini diperkuat dengan Surat Edaran Walikota  tentang belanja produk UMKM Kota Depok, dimana pemkot mendorong para ASN untuk membeli produk UMKM serta memberikannya kepada para pasien isoman. Surat Edaran ini akan diperluas, termasuk dalam bentuk Katalog Digital UMKM Depok, sebuah platform digital yang memuat produk-produk pilihan hasil Kurasi  UMKM Depok. Serta Klinik Bisnis Kota Depok yang akan membantu UMKM secara one on one dalam mencari solusi berbagai permasalahan yang dihadapi.

Baca juga: Hampir 3,8 Juta UMKM Bergabung di Tokopedia Selama Pandemi

Selain mendorong UMKM untuk Go Digital serta Bela Produk Lokal, UMKM juga didorong untuk Go Nasional dengan memiliki perizinan yang lengkap, baik itu PIRT, sertifikat halal serta Izin edar. Dengan perizinan yang lengkap diharapkan UMKM akan mampu bersaing di tingkat Nasional.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, mengatakan bahwa kolaborasi antara Tokopedia dengan Pemkot Depok menjadi bagian dari inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang memungkinkan masyarakat dari seluruh penjuru Indonesia untuk memiliki kesempatan yang sama. Mulai dari menemukan berbagai produk kebutuhan dengan mudah hingga menciptakan peluang usaha, termasuk di tengah pandemi. 

“Hal ini berangkat dari komitmen kami untuk fokus go local demi mendorong pertumbuhan ekonomi digital di daerah. Para pegiat usaha yang tergabung dalam gelaran Depok Virtual Expo merupakan bagian dari lebih dari 11 juta penjual di Tokopedia, di mana hampir 100 persennya adalah UMKM bahkan 94 persen berskala ultra mikro,” kata Astri, Kamis 26 Agustus 2021.

Baca juga: Riset UMKM: Tokopedia Berikan Omzet Penjualan Terbesar

Astri juga berharap para pegiat usaha lokal, termasuk UMKM Depok, terus dipermudah untuk menjaga keberlangsungan bisnis di tengah pandemi demi berkontribusi pada pemulihan ekonomi Indonesia sekaligus mendorong semakin banyak masyarakat untuk bangga dengan produk buatan Indoneia.

Diketahui, Depok Virtual Expo bukan hanya menargetkan para UMKM binaan yang sudah berjalan tapi juga berkomitmen untuk melahirkan wirausaha baru, sebagai solusi dari terbatasnya lapangan pekerjaan. Sejalan dengan program 5000 wirausaha baru dan 1000 perempuan pengusaha yang telah menjadi program andalan Pemkot Depok. 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id