icon-category Startup

GoFood Akhirnya Hadir di Tokopedia!

  • 12 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: dok. GoTo

    Uzone.id – Ada kejutan dari PT GoTo Gojek Tokopedia (Grup GoTo) untuk para pengguna setianya. Perusahaan menghadirkan layanan GoFood di dalam platform Tokopedia.

    GoFood selama ini dapat kita temukan di aplikasi Gojek, namun berkat sinergi cross-selling antar platform di ekosistem GoTo ini, mereka memutuskan untuk melebarkan sayap layanan GoFood di Tokopedia.

    Melalui layanan ini, pelanggan Tokopedia dapat menikmati beragam menu kuliner favorit dari merchant GoFood pilihan. Hal ini juga memberikan peluang lebih besar bagi merchant GoFood untuk meningkatkan jumlah transaksi sejalan dengan semakin luasnya akses kepada konsumen melalui Tokopedia, sehingga merchant bisa mendapatkan sumber pendapatan dan sarana promosi tambahan.

    Riset Tenggara Strategics yang diterbitkan pada Juni 2022 menyebutkan bahwa GoFood adalah penyedia layanan pesan antar makanan online yang paling diingat (top of mind) konsumen, serta menghasilkan tingkat pembelanjaan terbesar di industri.

    Baca juga: Sejak Pandemi Gojek Gelontorkan Rp1 Triliun, Buat Apa Aja?

    Di sisi lain, berdasarkan hasil Riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) yang diumumkan akhir tahun 2021 memaparkan pendapatan mitra UMKM GoFood pada tahun 2021 rata-rata mengalami peningkatan sebesar 66 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

    “Inovasi ini adalah langkah awal dari salah satu strategi sinergi di ekosistem GoTo, dengan memperluas akses pelanggan, mitra dan merchant di platform-platform yang tergabung dalam ekosistem kami. Pengembangan layanan GoFood di Tokopedia ini menjadi tahap pertama dalam menghadirkan pengalaman lebih menyenangkan bagi konsumen dalam menjelajah ragam kuliner GoFood melalui Tokopedia,” tutur Direktur sekaligus Head of Food and Indonesia Sales & Ops GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo dalam keterangannya yang diterima Uzone.id.

    Ia melanjutkan, “harapan kami, kehadiran GoFood di Tokopedia dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam mengakses berbagai layanan terbaik dari Grup GoTo, sekaligus membuka kesempatan bagi merchant kuliner GoFood untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, khususnya di Tokopedia.”

    Pada tahap awal peluncuran, layanan GoFood di Tokopedia dapat dinikmati oleh pelanggan Tokopedia di wilayah Jabodetabek. Selanjutnya, layanan ini akan dikembangkan lebih lanjut dan diperluas untuk menjangkau pelanggan di berbagai wilayah Indonesia.

    Baca juga: Belanja di Tokopedia Bakal Lebih Mahal Rp1.000, Kok Bisa?

    “Kategori Makanan dan Minuman terus menjadi salah satu kategori yang paling laris di Tokopedia selama pandemi. Kehadiran layanan GoFood di Tokopedia dapat memperkaya pilihan pengguna dalam memenuhi berbagai kebutuhan --terutama sajian kuliner pilihan-- lewat platform Tokopedia, tanpa perlu berpindah aplikasi,” imbuh Direktur sekaligus Head of Marketplace GoTo dan CEO of Marketplace Tokopedia, Anthony Wijaya.

    Layanan GoFood di Tokopedia dapat diakses melalui widget yang ditampilkan di laman utama aplikasi Tokopedia (versi 2.188 ke atas untuk iOS, versi 3.182 ke atas untuk Android) yang dapat diperbarui atau diunduh melalui Apple App Store dan Google Play Store.

    Pelanggan Tokopedia dapat memesan makanan lewat GoFood dengan cara yang biasa dilakukan untuk memesan barang lewat Tokopedia, yaitu:

    1. Kunjungi halaman restoran melalui halaman utama layanan GoFood di Tokopedia
    2. Temukan makanan yang diinginkan
    3. Klik “Pesan” pada makanan yang diinginkan dan atur pelengkap pada makanan yang diinginkan
    4. Selesaikan pembayaran pada halaman checkout
    5. Pilih metode pembayaran sesuai keinginan – tentunya ada opsi GoPay
    6. Klik “Bayar” dan pesanan akan diproses.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini