Gojek Rilis GoScreen, Media Iklan Luar Ruang Berbasis Teknologi
(Foto: Dok. Gojek)
Uzone.id - Gojek, perusahaan teknologi asal Indonesia, resmi memperkenalkan GoScreen pada Senin (10/11/2020). Ini merupakan media iklan luar ruang (Out of Home/OOH) berbasis teknologi.Dalam pernyataan resminya kepada Uzone.id, Chief Commercial Officer Gojek, Antoine de Carbonnel mengatakan, ”Tantangan utama pengguna iklan luar ruang saat ini adalah mengukur efektivitas dan kinerja iklan. GoScreen menjawab ini melalui teknologi yang mampu mengukur kinerja iklan berdasarkan lokasi dan waktu secara tepat sehingga memberikan pengiklan laporan yang lengkap.”
Sebagai media OOH modern, GoScreen diklaim memiliki empat keunggulan dibandingkan dengan media sejenis. Pertama, GoScreen menghadirkan teknologi iklan terprogram (programmatic ads) untuk personalisasi konten sesuai waktu dan lokasi audiens.
Kedua, ada pengukuran impresi secara real-time. Ketiga, layanan ini memanfaatkan armada roda dua Gojek yang memiliki mobilitas tinggi dan jangkauan luas. Keempat, harganya yang terjangkau.
Baca juga: Peraih Gelar Unicorn Lokal Selanjutnya: Sektor Edukasi atau Kesehatan?
Tidak hanya dapat digunakan oleh brand besar, GoScreen juga dapat menjadi pilihan bagi UMKM untuk memasarkan produknya. Di sisi lain, mitra driver roda dua yang berpartisipasi juga bisa memiliki pendapatan tambahan.
GoScreen sendiri berdiri di bawah Promogo, lengan bisnis Gojek di bidang periklanan. Inovasi terbaru dari Promogo ini dipercaya mendapat antusiasme tinggi dari pengiklan, mengingat inovasi ini termasuk salah satu dari 12 tren teknologi periklanan yang telah dan akan terus berkembang.
Apalagi, belanja iklan Indonesia di penghujung 2020 diperkirakan tetap tumbuh hingga 5,3 persen. Tren positif industri periklanan di dalam negeri disebut tercermin pada bisnis Promogo yang juga menunjukkan performa positif dalam dua tahun terakhir.
Baca juga: Telkom Buka Suara Soal Isu Investasi di Gojek
Hingga kuartal tiga tahun 2020, secara rata-rata, seluruh solusi OOH dari Promogo mengalami peningkatan pertumbuhan bisnis (growth) sebesar 40 persen, dengan lebih dari 50 ribu mitra driver tergabung, dan menghasilkan impresi sebesar 15 miliar kali penayangan.
GoScreen dilengkapi kamera serta teknologi berbasis suar (beacon technology) untuk menghitung tingkat impresi iklan, sehingga brand bisa secara transparan memantau tingkat eksposur, jumlah kendaraan yang aktif maupun jarak tempuh yang dicapai oleh para mitra.
“Jangkauan moda transportasi roda dua Gojek yang memiliki mobilitas tinggi jugamerupakan kunci dalam memberikan keuntungan lebih bagi brand untuk mendapatkan pengalaman beriklan digital yang hyperlokal sehingga mereka dapat menargetkan lokasi spesifik hingga ke wilayah kecamatan melalui konten yang lebih atraktif menggunakan layar LED,” ujar Direktur Promogo, Kiranjeet Purba.
VIDEO: Realme C17 Review, yang Menonjol dan Kurang