icon-category Gadget

Google Android 12 Go Edition Bakal Bikin Ponsel Murah Ngebut di 2022

  • 22 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Google telah memperbarui sistem operasinya Android 12. Software tersebut cukup dipuji karena memberikan perubahan pada tampilan dan pengalaman menggunakan smartphone Android yang lebih nyaman, juga untuk tablet. Namun kini Google juga memperhatikan kenyamanan smartphone Android dengan harga murah, Go Edition.

    Tahun depan, Google telah mempersiapkan Android untuk perangkat berharga murah dengan meluncurkan sistem operasi khusus, yakni Android 12 Go Edition. OS khusus ini akan mulai digelontorkan ke smartphone pada 2022. Dengan ini, Google menjanjikan kenyamanan dari segi operasional smartphone.

    Google menyebut jika Android 12 Go Edition akan memberikan peluncuran aplikasi yang lebih cepat, animasi yang lebih halus, dan masa pakai baterai yang lebih lama. Artinya, menurut perhitungan Google, seperti dikutip dari Liliputing.com, Rabu, 22 Desember 2021, aplikasi yang berjalan di Android 12 Go Edition akan 30 persen lebih cepat ketimbang perangkat dengan OS 11 Go Edition.

    Baca juga: Kelebihan Android 12 untuk Gamers

    Sedangkan dari sisi animasi, Google menjanjikan tampilan yang lebih halus dan API SplashScreen baru tersedia untuk pengembang. Android 12 (edisi Go) juga secara otomatis menghibernasi aplikasi yang sudah lama tidak digunakan, membantu memperpanjang masa pakai baterai dengan mencegah aplikasi tersebut menghabiskan sumber daya sistem yang tidak perlu.

    Perubahan lainnya termasuk dukungan untuk berbagi aplikasi dengan pengguna lain melalui koneksi langsung untuk menghemat data menggunakan fitur Nearby Share. KIta juga dapat berbagi perangkat dengan pengguna lain dengan cepat berkat dukungan untuk beralih profil dari layar kunci, termasuk berpindah antara profil utama dan profil tamu. Dan ketika mengunjungi layar aplikasi baru, akan ada opsi untuk mendengarkan berita dan menerjemahkan konten di layar ke dalam bahasa yang kita mengerti.

    Baca juga: Segera Meluncur, Google Umumkan 6 Fitur Baru untuk Android

    Ada juga Privacy Dashboard yang memulai debutnya di Android 12 untuk Pixel 6. Dengan Privacy Dashboard, pengguna smartphone Android murah mendapatkan satu ruang khusus untuk melihat aplikasi mana saja yang mengakses data sensitif, seperti lokasi perangkat atau mengakses mikrofon dan hardware kamera. Kita juga bisa melihat indikator privasi di status bar ketika mik atau kamera aktif. Hal ini cukup berguna saat sedang live streaming atau zoom.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini