icon-category Digilife

Google dan Kemenkop UKM Hadirkan Pelatihan bagi UMKM di 10 Provinsi

  • 12 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Kai Wenzel/Unsplash

    Uzone.id - Google Indonesia bersama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) resmi meluncurkan program khusus untuk melatih para pelaku usaha kecil (UMKM) di sepuluh provinsi di Indonesia. 

    Bertepatan dengan hari UMKM Nasional, program Grow with Google (GWG) akan berlangsung kurang lebih selama 6 bulan kedepan hingga akhir 2022. Program ini menjadi salah satu upaya dalam mendukung target Kemenkop UKM dalam mendigitalkan 30 juta UKM di Indonesia hingga tahun 2024.

    “Pada Hari UMKM Nasional 2022 ini, senang rasanya kami dapat memperluas program pelatihan kami ke wilayah Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Barat, Sumatera Utara, dan beberapa provinsi lainnya,” kata Putri Alam, Director of Government Relations and Public Policy di Google Indonesia.

    Baca juga: Begini Reaksi Pengguna E-commerce Soal Free Ongkir Mau Dihapus

    Program GWG ini bisa diikuti oleh UKM yang bernaung di bawah Kemenkop, mereka bisa pelatihan strategi konten dan digital marketing, cara menyiapkan eCommerce, cara agar tetap aman saat online, dan cara agar bisnis terdaftar dan muncul di Google Search dan Google Maps.

    “Kami memahami kebutuhan usaha kecil di sana untuk mencari pelanggan dan akan bekerja sama dengan Kemenkop untuk membantu ribuan usaha kecil beralih ke online dan siap menyongsong era perdagangan di masa depan,” tambah Putri.

    Inisiatif Google dan Kemenkop UKM ini diharapkan dapat membantu pelaku koperasi, UMKM, dan wirausaha agar gar menemukan lebih banyak pelanggan di dalam negeri dan bahkan hingga ke Asia Tenggara lewat program #BerubahDigital.

    “Kami berharap melalui kegiatan seperti Grow with Google, dapat mempercepat pemulihan ekonomi kita dan menjadi awal dari kolaborasi berkelanjutan," ucap Siti Azizah, Deputi Bidang Kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan UKM.

    Baca juga: Harga Mie Instan Terancam Naik, Anak Kosan Curhat di Twitter

    Sementara itu, sejak tahun 2015 Google telah melatih lebih dari 2 juta UKM dan telah menjalankan berbagai program bersama sejumlah kementerian. Dalam survey yang dilakukan Google, pemilik usaha yang mengikuti program Grow with Google pada tahun 2021 menunjukkan peningkatan kualitas maupun peningkatan dalam usahanya.

    Hasil survey Kantar menunjukkan kalau satu dari tiga UKM mulai berjualan online setelah mengikuti kursus. Selanjutnya, satu dari dua UKM berhasil meningkatkan engagement pelanggan setelah menerapkan hasil pembelajaran dari pelatihan Gapura Digital & Women Will.

    Hasil lainnya adalah UKM yang mengikuti pelatihan Gapura Digital atau Women Will jadi merasa lebih percaya diri saat menggunakan teknologi online. Program Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dari Kemenkominfo juga berhasil menarik minat UKM yang ingin mengembangkan strategi bisnisnya

    “UKM yang telah mengikuti pelatihan keterampilan digital kami selama bertahun-tahun menyampaikan kepada kami bahwa keterampilan digital mereka telah meningkat,” ujar Putri.

    “Mereka merasa lebih siap menyongsong masa depan dan lebih percaya diri untuk menerapkan ilmu yang mereka dapatkan,” tambahnya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini