icon-category Digilife

Google Doodle Sajikan Kengerian Dampak Perubahan Iklim ke Bumi

  • 22 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Fateme Alaie/Unsplash

    Uzone.id - Hari ini, Jumat, 22 April 2022 bertepatan dengan Hari Bumi atau Earth Day. Google memperingatinya dengan menampilkan doodle spesial yang mengingatkan warga Bumi mengenai climate change atau perubahan iklim.

    Google Doodle kali ini menampilkan permukaan bumi yang berubah dari tahun 1986 hingga 2020 dalam bentuk time-lapse. Sebuah pesan tersirat dimana perubahan iklim ini perlahan membuat suhu dan pola cuaca turut berubah.

    Tentunya, hal ini akan menimbulkan berbagai resiko bagi manusia dan semua bentuk kehidupan di bumi. 

    Jika kalian mengetuk GIF Doodle edisi Earth Day ini, kalian akan disuguhkan dengan beberapa informasi mengenai climate change. Mulai dari definisi, penyebab, efek, video dan juga berita-berita soal perubahan iklim.

    Baca juga: 1 Dekade Google Indonesia! Yuk, Kenang 10 Momen Ini

    “Doogle Hari Bumi tahun ini membahas salah satu topik yang paling mendesak di era kita, perubahan iklim,” tulis Google.

    Menggunakan citra time-lapse dari Google Earth Timelapse dan sumber lain, Doodle menunjukkan dampak perubahan iklim di empat lokasi berbeda di planet ini.

    “Nantikan sepanjang hari untuk melihat tampilan ini, masing-masing akan berada di homepage selama beberapa jam sekali,” tambah Google.

    Keempat tempat yang diambil untuk Google Doodle adalah, yang pertama merupakan gletser di puncak Gunung Kilimanjaro, Tanzania Afrika yang semakin menyusut dari tahun 1986 hingga 2020.

    Kedua, menyusutnya gletser di Sermersooq, Greenland dari tahun 2000 hingga 2020.

    google doodle 02

    Kemudian, perubahan warna karang laut di Lizard Island, Australia yang diambil dari bulan Maret hingga Mei 2016.

    google doodle 03

     Terakhir ada hutan yang dihancurkan oleh serangan kumbang kulit kayu karena adanya kenaikan suhu dan kekeringan di Harz Forest, Elend, Jerman. Rentang waktu yang diambil yaitu dari tahun 1995 hingga 2020.

    google doodle 04

    Tak hanya menunjukkan bahwa isu perubahan iklim adalah hal yang serius, Google juga memberikan beberapa aksi yang dapat membantu membatasi perubahan iklim.

    “Setiap orang dapat membantu membatasi perubahan iklim. Dari cara kita bepergian, penggunaan listrik, hingga makanan yang kita konsumsi, kita bisa membuat perbedaan” tulis Google.

    Kita bisa memulainya dengan melakukan sepuluh aksi, mulai dari hemat energi di rumah, jalan kaki, bersepeda, atau naik transportasi umum, perbanyak makan sayur, mempertimbangkan transportasi Anda, membuang lebih sedikit makanan, melakukan kurangi, gunakan kembali, perbaiki & daur ulang, mengganti sumber energi rumah Anda, dan beralih ke kendaraan listrik.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini