Gadget

Google Fit akan Hadir di Google Pixel

  • 08 February 2021
  • Bagikan :
    Google Fit akan  Hadir di Google Pixel

    Uzone.id - Maret tahun lalu Google telah mengumumkan bahwa Aplikasi Google Fit akan memuungkinkan penggunanya untuk mengukur detak jantung dan pernafasan menggunakan kamera ponsel. Hal ini akan terwujud dalam waktu dekat.

    Fitur ini akan segera tersedia pada ponsel milik Google, Pixel. Google juga berencana untuk memperluas jangkauan aplikasi ini ke perangkat Android.

    Pengguna hanya perlu meletakkan kepala dan bagian tubuh atas di depan kamera ponsel depan jika ingin mengukur laju pernafasannya. Untuk mengukur detak jantung, pengguna hanya perlu meletakkan jari mereka pada lensa kamera belakang.

    Baca juga: Google Tutup Stadia

    Setelah berhasil melakukan pengukuran, pengguna dapat menyimpannya di aplikasi Google Fit untuk memantau kesehatan mereka sehari-hari.

    Dikutip dari Zdnet, Jumat (5/2), Shwetak Patel selaku Direktur teknologi kesehatan Google Health menjelaskan bahwa fitur ini mengandalkan sensor yang telah diterapkan ke dalam smartphone, seperti mikrofon, kamera dan akselerometer.

    “berkat sensor yang semakin kuat dan canggih dalam daya lihat komputer, fitur ini memungkinkan kamera ponsel Anda untuk melacak sinyal fisik kecil pada tingkatan piksel, seperti gerakan dada untuk mengukur laju pernapasan dan perubahan halus pada warna untuk mendeteksi detak jantung anda," tutur Patel.

    Baca juga: Sepi Peminat, Google Akhirnya Matikan Balon Internet Loon

    Fitur ini telah menjalani dan menyelesaikan uji klinis awal untuk memvalidasi algoritma tersebut dapat bekerja “dalam berbagai kondisi dunia nyata dan bagi sebanyak mungkin manusia.”

    Google Fit juga akan menyediakan target harian, target mingguan, poin jantung, latihan terbaru dan data tidur pengguna dalam satu layar.

    Google diketahui telah membeli Fitbit sebesar USD 2,1 miliar atau sekitar Rp 30 triliun. Tak hanya menyiapkan panggung bagi jam tangan pintar Google yang potensial, tetapi juga memberikan kepemilikan pada Google atas bisnis kesehatan Fitbit dan kekayaan aset data mereka.

    Namun Google meyakinkan bahwa minatnya pada Fitbit “selalu tentang perangkat, bukan data,” dan tetap berkomitmen melindungi privasi pengguna Fitbit.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini