home ×
Digilife

Google Ketahuan Bayar Apple Rp175 Triliun untuk Monopoli Ini

22 October 2020 By
Google Ketahuan Bayar Apple Rp175 Triliun untuk Monopoli Ini
Share
Share
Share
Share

foto: economic.indiatimes

Uzone.id - Google ketahuan telah melakukan aksi monopoli dengan Apple. Dalam sebuah gugatan yang dilayangkan Departemen Kehakiman Amerika Serikat (DOJ), Google ditengarai telah membayar Apple untuk menjadi satu-satunya mesin pencari di perangkat buatan mereka.

Amerika menuduh Google telah mengeluarkan kocek senilai USD12 miliar atau setarta dengan Rp175 triliun kepada Apple. Google telah menyogok Apple agar menjadi default search engine di iPhone dan perangkat Apple lainnya. Diperkirakan kesepakatan ini terjadi setelah Apple CEO Tim Cook dan Google CEO, Sundar Pichai bertemu pada 2018. Angka tersebut setara dengan seperlima dari pendapatan Apple secara global.

Baca juga: BLT UMKM Trending di Google, Waspada Hoax Ini

"Usai pertemuan itu, seorang karyawan senior Apple menuliskan email ke pihak Google yang menyatakan jika visi kedua perusahaan adalah bekerja sama seolah keduanya adalah satu perusahaan," tulis gugatan tersebut, seperti dikutip Business Insider, Kamis, 22 Oktober 2020.

Gugatan itu juga mengutip dokumen Google yang menyebut kesepakatan 'Apple Search' sebagai saluran pendapatan yang lumayan besar. Maka dari itu, kesepakatan tersebut merupakan hal yang harus bisa terwujud dengan cara apapun. Pasalnya, Google memperkirakan hampir setengah dari trafik pencarian Google Search pada 2019 berasal dari perangkat Apple.

"Meskipun sangat mungkin untuk mengubah mesin pencari sebagai defaut di ponsel atau perangkat tersebut, hanya sedikit pengguna yang melakukannya. Hal ini yang menjadikan Google sebagai mesin pencari eksklusif dan merugikan perusahaan sejenis yang kemungkinan besar tidak akan bisa bersaing," tulis gugatan DOJ.

Dalam sebuah postingan di blog, Kepala Departemen Kebijakan Google, Kent Walker, menyebut kasus itu sangat cacat. Walker membandingkan uang yang diberikan Google ke Apple dengan uang yang dibayarkan oleh produsen makanan sereal di Supermarket untuk menampilkan produknya di posisi rak paling depan, sejajar dengan mata.

Sayangnya, belum ada komentar resmi baik dari Apple maupun Google terkait hal ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article