home ×
Digilife

Google Lens Bisa Menyalin Tulisan Tangan ke Perangkat Digital

09 May 2020 By
Google Lens Bisa Menyalin Tulisan Tangan ke Perangkat Digital
Share
Share
Share

Google Lens. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Uzone.id - Google telah menambahkan fitur baru yang sangat berguna ke Google Lens. Kini, kalian bisa menyalin dan menempelkan (copy and paste) tulisan tangan di atas kertas ke ponsel atau komputer dengan Google Lens.

Mengutip The Verge, fitur ini hanya akan berfungsi jika tulisan tangan kalian cukup rapi. Untuk bisa menggunakan fitur ini, kalian harus memiliki versi terbaru Google Chrome serta aplikasi Google Lens di perangkat Android atau aplikasi Google di perangkat iOS. Khusus perangkat iOS, Google Lens dengan ikon kamera ada di sebelah search bar pada aplikasi Google.

Baca juga: Karyawan Google Mengeluh Banyak Tunjangan yang Dihapus

Untuk dapat menyalin tulisan tangan, kalian perlu mengakses Google Lens di ponsel pintar terlebih dahulu. Setelah itu, kalian cukup mengarahkan kamera ponsel ke tulisan tangan apa saja dan menyalinnya dengan memilih Copy.

Kemudian, kalian dapat menempelkan dokumen di ponsel atau Google Documents dengan mengakses Chrome di komputer dan pilih Paste. Perlu kalian catat bahwa kalian harus masuk dengan akun yang sama di ponsel pintar dan komputer. Dan akhirnya, tulisan tangan kalian bertransformasi menjadi teks digital.

Baca juga: Foto di Feed Instagram Jadi Ekstra Panjang, Ini Penyebabnya

Menurut The Verge, jika tulisan kalian tidak rapi, kalian pasti akan menemukan beberapa kata yang salah ketik. Benar. Ketika Uzone.id menjajal fitur ini dengan iPhone 8 Plus, tidak semua tulisan tangan yang disaling dengan Google Lens tertempel sempurna pada notes di ponsel. Ada pula huruf besar di tengah sebuah kata. Kalian bisa melihat detailnya pada gambar berikut ini.

Menjajal Google Lens. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Meski demikian, fitur baru pada Google Lens dipandang sebagai inovasi yang sangat keren dan berguna di saat banyak orang bekerja dari rumah. Saya pun setuju, ini adalah fitur yang sangat canggih dan berfaedah, terutama untuk orang-orang yang masih suka atau terpaksa mengerjakan tugas dengan tulisan tangan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

4 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Pradana 09 May 2020 | 23:43:43

ya inti tergantung tulisan tangannya bagus atau tidak

Caesario Agmi 09 May 2020 | 20:37:19

wah hebat ya kelebihan dari google lens

mata malaikat 09 May 2020 | 19:30:14

kalau untuk memudahkan bisa di coba ini

Miskin aman 09 May 2020 | 15:45:01

perkembangannya sudah semakin meningkat

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article