Digilife

Google Rilis Laporan Pergerakan Warga Berbagai Negara saat Pandemi Covid-19

  • 04 April 2020
  • Bagikan :
    Google Rilis Laporan Pergerakan Warga Berbagai Negara saat Pandemi Covid-19

    Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Google baru saja merilis COVID-19 Community Mobility Reports di blog resmi mereka. Dalam pembuatan laporan tersebut, Google menggunakan data lokasi yang dikumpulkan dari ponsel pintar di seluruh dunia guna membantu pemerintah setempat memahami pergerakan orang-orang selama pandemi coronavirus disease (COVID-19).

    Laporan tersebut menggunakan data dari orang-orang yang telah memilih untuk menyimpan riwayat lokasi mereka di Google.

    Baca juga: Google Doodle Hari Ini, Ajak Netizen Tetap Nyaman Berdiam di Rumah

    “Laporan ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai apa yang telah berubah sebagai tanggapan terhadap kebijakan untuk memerangi COVID-19. Laporan ini memetakan tren pergerakan dari waktu ke waktu berdasarkan geografis, di berbagai macam kategori tempat seperti retail dan rekreasi, bahan makanan dan farmasi, parkiran, stasiun transit, tempat kerja, dan permukiman,” tulis Google dalam blog resminya.

    "Ketika masyarakat global merespons pandemi COVID-19, ada peningkatan penekanan pada strategi kesehatan masyarakat, seperti langkah-langkah social distancing, untuk memperlambat tingkat penularan," tulis Google dalam COVID-19 Community Mobility Reports di blognya.

    “Di Google Maps, kami menggunakan agregat, data anonim yang menunjukkan betapa sibuknya tempat-tempat tertentu - membantu mengidentifikasi kapan bisnis lokal cenderung paling ramai. Kami telah mendengar dari pejabat kesehatan masyarakat bahwa jenis agregat, data anonim yang sama ini dapat membantu ketika mereka membuat keputusan penting untuk memerangi COVID-19.”

    Baca juga: Elon Musk Larang Karyawan SpaceX Pakai Zoom

    Ada data 131 negara sebagai awal laporan tersebut. Google memberikan data melalui PDF, agar lebih mudah diunduh dan dibagikan. Saat Uzone.id memantau COVID-19 Community Mobility Reports, ada Indonesia dalam laporan tersebut. Google juga menulis bahwa setiap laporan dikelompokkan berdasarkan lokasi dan menampilkan perubahan kunjungan ke tempat-tempat seperti toko bahan makanan dan taman.

    “Kami sedang berupaya menambah lebih banyak negara, wilayah, dan bahasa dalam beberapa minggu mendatang. Ini adalah rilis awal dan laporan akan diperbarui secara berkala,” tulis Google. COVID-19 Community Mobility Reports bisa kalian akses di sini.

    VIDEO: Realme 6 vs. Realme 6 Pro, Mending Mana?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini