home ×
Digilife

Google Umumkan Android 12, Ini Deretan Fitur Barunya

19 May 2021 By
Google Umumkan Android 12, Ini Deretan Fitur Barunya
Share
Share
Share
Share

Foto: dok. Cnet

Uzone.id -- Pada acara rutin Google I/O 2021 yang diselenggarakan secara online pada 18 Mei hingga 20 Mei 2021, Google mengumumkan beberapa kabar penting termasuk kehadiran Android 12 beserta fitur-fitur yang ada didalamnya.

Dari pengumuman Google, Android 12 ini masih dalam versi beta dan mungkin akan dirilis pada akhir tahun mendatang.

Android 12 akan memiliki desain yang berbeda dan fresh dengan sistem bernama “Material You,” termasuk desain tombol besar dan bubbly, warna yang bisa berubah, dan animasi yang lebih mulus.

Dari apa yang dituturkan VP Manajemen Produk, Android dan Google Play, Sameer Samat, perubahan yang ada di dalam Android 12 termasuk yang terbesar dalam sejarah Android.

Apa saja kira-kira yang baru di Android 12?

Desain baru dan widget yang diperbaiki
Debut desain “Material You” menjadi salah satu implementasi dari sistem desain baru yang diusung Google. Tak seperti desain sebelumnya, desain yang sekarang merupakan pemikiran ulang dari seluruh UI pada semua sistem operasinya.

Versi beta Android 12 menghadirkan lebih banyak tombol bulat, warna lebih bervariasi pada bentuk dan juga gerakannya, serta berbagai tampilan baru lainnya.

Lock screen dari Android 12 akan mengalami perubahan, tampilan jam pada Android 12 akan lebih besar dan berada ditengah layar. Dan apabila ada notifikasi, tampilan jam ini akan mengecil namun tetap terlihat lebih menonjol.

Beralih ke widget, desain pada tiap aplikasi akan berbentuk besar dan bergelembung, serta lebih cerah -- desain yang berbeda dari desain yang dibayangkan.

Baca juga: Bocoran Tampang Pixel 6, Beda Banget!

Salah satu fitur pintar dari widget ini adalah ketika menggerakan widget pada wallpaper, warna background layar akan otomatis berubah mengikuti warna yang ada pada gambar di layar.

Privasi
Tahun ini Google telah memastikan bahwa privasi merupakan pusat dari Android 12 dan keamanan menjadi poin yang paling penting.

Android Private Compute Core adalah mesin di balik fitur privasi Android 12, sistem ini memastikan aplikasi dan ponsel akan mengikuti pengaturan privasi yang diaktifkan pengguna.

Sementara itu dasbor privasi terbaru dapat meninjau keseluruhan aplikasi menggunakan lokasi ponsel, kamera, kontak, dan banyak lagi.

Yang menarik adalah sentuhan ciamik pada overview sederhana dalam bentuk pie chart pada aplikasi-aplikasi yang diakses selama 24 jam terakhir.

Contohnya, ketika pengguna menggunakan mikrofon untuk aplikasi Facebook, bagian notification center akan menunjukkan aplikasi tersebut sedang menggunakan mikrofon. Pengguna nantinya bisa menonaktifkan akses mikrofon ke Facebook atau aplikasi lain dengan menekan tombol notifikasi.

Android 12 juga akan meminta izin pengguna ketika aplikasi menggunakan fitur-fitur yang ada dalam ponsel, dan pengguna bisa memilih satu kali penggunaan atau tidak sama sekali.

Baca juga: Mau Kalahkan Apple, Google-Samsung Satukan Wear OS dan Tizen

Folder terkunci juga tersedia pada semua aplikasi dengan sidik jari agar aksesnya hanya bisa dilakukan oleh pengguna. Ada juga kunci untuk Chromebook yang mirip dengan fitur buka kunci Apple Watch untuk Apple Mac.

Saat menggunakan aplikasi seperti kamera, akan muncul petunjuk bahwa fitur-fitur tertentu sedang digunakan pada kamera tersebut, mirip dengan fitur di iOS 14 milik Apple.

Remote built-in dan Car Key
kemampuan kendali jarak jauh atau remote built-in sekarang menjadi standar di Android 12, sangat berguna ketika pengguna ingin menggunakan ponsel untuk mengendalikan TV Android atau Chromecast. Bersamaan dengan fitur ini, ada fitur Car Key yang memungkinkan perangkat Android 12 membuka kunci atau menyalakan mesin pada smart car.

Teknologi yang digunakan merupakan teknologi UWB atau Ultra Wide Band yang dapat membuka mobil pintar pengguna tanpa harus mengeluarkan ponsel.

Ada juga akses digital yang bisa dibagikan ke orang terdekat untuk mengendalikan kendaraan pengguna. Fitur ini memudahkan akses pengguna lain ketika ingin meminjam mobil tanpa harus memberikan kunci fisik. Pengguna juga dapat mengatur waktu yang digunakan orang lain.

Fitur lainnya pada Android 12
Ketika menekan tombol daya (power), Android 12 akan mengarahkan pengguna pada Google Assistant. Metode ini jauh lebih mudah untuk digunakan.

Pengelolaan kata sandi juga sedang dikembangkan kembali pada Android 12 dengan integrasi lintas platform di seluruh aplikasi dan perangkat Google.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id