icon-category Gadget

GPU Gigabyte GeForce RTX 4080 Punya Sistem 'Water Cooling'

Uzone.id - Game PC dengan kualitas grafis AAA bakal terasa maksimal gameplay-nya kalau komputer gaming dilengkapi dengan spesifikasi high-end, tak terkecuali kartu grafis tambahan. Nah, Gigabyte meluncurkan GPU discrete terbaru yang menjamin game PC apapun yang kalian mainkan bakal lancar dengan kualitas grafis terbaik.

Adalah Gigabyte GeForce RTX 4080 Series 16 GB yang dirancang dengan arsitektur Nvidia Ada Lovelace, yang bakal dipasarkan resmi secara global pada 16 November mendatang.

“GPU seri GeForce RTX 40 memiliki lompatan kuantum dalam kinerja sistem, memungkinkan gamer dan kreator konten menikmati game FPS ultra-tinggi dan meningkatkan efisiensi dalam bekerja,” klaim Gigabyte, dalam keterangan resmi yang diterima Uzone.id.

Ada beberapa tipe kartu grafis yang diboyong oleh merek asal Taiwan ini, dan semuanya menyediakan solusi termal berteknologi tinggi, baik itu udara maupun air, untuk memenuhi beragam kebutuhan para penggunanya.

Baca juga: 10 Laptop Murah Buat Mahasiswa, Ngerjain Tugas Lancar, Nge-game Mulus

Gigabyte Aorus Xtreme Waterforce

Aorus Xtreme Waterforce WB

GPU ini menjadi pilihan utama buat para PC builder yang ingin membangun perangkat gaming dengan sistem pendingin berbasis cairan. Solusi pendinginan termal yang disajikan Gigabyte menyediakan jarak kanal optimal antara sirip mikro untuk meningkatkan perpindahan panas dari GPU melalui aliran air yang stabil. 

Sirip mikro berbahan dasar tembaga itu dibuat cekung. Tujuannya untuk mempersingkat jalur konduksi panas dari GPU, sehingga panas dapat ditransfer ke area kanal air dengan cepat. 

Gigabyte ga ngasal bikin sistem pendingin berbasis cairan. GPU yang dilengkapi sistem termal ini didukung juga dengan teknologi deteksi kebocoran bawaan yang mencakup seluruh fitting dan blok air, sehingga dapat memperingatkan pengguna dan melakukan penanganan lebih awal dan mencegah segala kerusakan lebih lanjut pada sistem.

Baca juga: Main Game Android di PC Windows Gak Perlu Emulator Lagi

Aorus Xtreme Waterforce

Rasanya gak pas kalau komponen PC gaming tidak dilengkapi dengan lampu RGB. Nah, Gigabyte Aorus Xtreme Waterforce pun sudah disematkan pencahayaan RGB pada penutup depan atau pelat belakang.

Gamer bisa menyesuaikan gaya mereka sendiri melalui perangkat lunak Gigabyte Control Center,” jelas Gigabyte.

Gigabyte Aorus Windforce

Aorus Windforce

Sesuai namanya, kalau kartu grafis Nvidia GeForce RTX 4080 16 GB ini didukung oleh bilah kipas dengan desain permukaan yang baru, Bionic Shark namanya. Dengan desain yang baru, tingkat kebisingan yang dihasilkan berkurang hingga 3 dB, sehingga sistem pendinginnya tetap maksimal dan ‘anti berisik’.

Kipas ini dipasangkan dengan ruang uap, beberapa pipa panas, dan ventilasi pendingin yang diperbesar di bagian belakang. 

“Kartu grafis ini memastikan kinerja termal terbaik, bahkan pada beban berat,” imbuh Gigabyte.

Aorus Windforce tampil beda dengan sistem pencahayaan bernama RGB Halo. Fitur ini menawarkan efek pencahayaan yang dapat diarahkan pada kipas yang berputar, sehingga membuatnya bakal tampil beda, apalagi saat dipasang pada casing clear atau bening.

Baca juga: Daftar Game PC dan Konsol Terbaik yang Bisa Dimainkan di Android

Selain itu, ada juga LCD Edge View di sisi kartu grafis yang memberi pengguna pilihan lain untuk mempersonalisasi kartu mereka dengan teks, gambar, atau gif. Pemantauan statistik kritis, seperti konsumsi daya, suhu, rpm kipas, dan lain-lain juga dapat dilakukan.

Seri GPU Gigabyte Nvidia GeForce RTX 4080 16 GB lainnya

Seri kartu grafis lainnya yang dipasarkan Gigabyte adalah Gaming OC, Aero OC dan Eagle OC. ketiganya berfokus pada kinerja dan stabilitas, sehingga cocok digunakan untuk berbagai segmen.

Ketiga GPU Nvidia GeForce RTX 4080 ini dilengkapi dengan sistem pendingin kipas dari Gigabyte, yakni Windforce. Juga, Gigabyte menyematkan sistem Dual BIOS onboard, memungkinkan pengguna untuk memilih antara mode OC dan Silent berdasarkan kebutuhan mereka, tanpa perlu memasang software tambahan.

Kedua mode menawarkan pengaturan optimal yang diracik langsung oleh Gigabyte, menyediakan fungsionalitas yang praktis dan lebih fleksibel. Sama halnya, GPU Nvidia GeForce RTX 4080 16 GB ini dilengkapi pencahayaan RGB, terutama model Gaming OC yang  mengimplementasi RGB Halo dari seri Aorus.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini