icon-category Gadget

10 Laptop Murah Buat Mahasiswa, Ngerjain Tugas Lancar, Nge-game Mulus

Uzone.id - Laptop murah dengan spesifikasi mewah sudah pasti jadi idaman buat semua orang, tak terkecuali para mahasiswa. Kehidupan kampus gak cuma nugas dan ngerjain skripsi doang, kan? Pastinya, mahasiswa juga perlu me-time alias healing sejenak dengan bermain game.

Salah satu game yang biasanya dimainkan oleh anak kuliahan adalah Dota 2, CS: GO, RF Online, dan lain sebagainya. Tergolong game dengan grafis yang ringan, tapi tetap saja perlu laptop dengan spesifikasi yang bagus untuk bisa memainkannya dengan lancar tanpa kendala.

Masalahnya, laptop dengan spesifikasi yahud harganya gak ramah di kantong. Beruntung bagi kalian para mahasiswa, tim Uzone.id sudah merangkum setidaknya 10 laptop harga murah yang punya spesifikasi oke, jadi kalian bisa ngerjain tugas dengan aman, main game seperti Dota 2 pun lancar. Berikut daftar lengkapnya:

Asus Vivobook 14X

Asus mah ya udah dikenal banget sebagai merek laptop dengan portofolio yang super lengkap. Dari yang murah sampai super mahal, disediakan oleh pabrikan asal Taiwan itu.

Tapi kita kesampingkan laptop yang mahal, karena buat mahasiswa, asal harga murah pasti menarik. Setuju? Daftar pertama adalah Asus Vivobook 14X yang harganya cuma Rp9,5 jutaan saja.

Laptop ini punya layar yang luas berukuran 14 inci dengan rasio 16:10 yang lebar. Panelnya IPS LCD, sehingga nyaman banget buat dipandang, baik itu saat mengerjakan skripsian atau main game bareng teman-teman kosan.

Baca juga: Asus Vivobook 14X, Laptop Murah Buat Mahasiswa, Nge-Dota Juga Bisa

Yang bikin laptop ini menarik adalah spesifikasinya, lantaran ditenagai prosesor AMD Ryzen 5 5600H yang terbilang bertenaga. Beberapa laptop gaming yang beredar di Indonesia ada juga lho yang pakai prosesor ini.

Prosesornya juga dipasangkan dengan RAM DDR4 sebesar 8 GB dan penyimpanan internal 512 GB berjenis M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD. Kalau kalian suka ngoprek, RAM Asus Vivobook 14X bisa di-upgrade berkat kehadiran slot kosong di dalamnya.

Asus Vivobook Pro 14 OLED

Lagi-lagi dari Asus, tapi harganya naik sedikit, yakni Asus Vivobook Pro 14 OLED. Laptop ini dijual Rp11,2 jutaan saja, juga ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5 yang bertenaga dan SSD 512 GB serta RAM 8 GB.

Kalau ada budget lebih Rp1 juta, kalian bisa beli tipe dengan AMD Ryzen 7 yang jauh lebih kencang. Ditambah, RAM 16 GB dengan SSD sebesar 512 GB.

Baca juga: Review Asus Vivobook Pro 14 OLED: Performa Pas, Baterainya Awet

Spek lainnya sih pastinya lebih bagus dari Vivobook 14X, terutama dari segi layar. Maen Dota 2 atau game lainnya di laptop ini dijamin bakal memuaskan mata, lantaran panelnya sudah OLED dengan ukuran 14 inci dan beresolusi 2,8K.

Lantaran panelnya sudah OLED, sudah pasti memenuhi standar tinggi Asus, seperti HDR yang sudah tersertifikasi VESA, color gamut 100%, hingga PANTONE Validated Display.

Acer Aspire 5 Slim

Daftar selanjutnya dari Acer, tepatnya Aspire 5 Slim. Laptop ini tipis, jadi enak buat dibawa kemana saja, baik itu ke kampus, kosan teman, atau cafe untuk ngerjain tugas bareng teman-teman.

Buat nge-game juga oke banget, apalagi buat varian menengahnya yang dijual Rp13,4 jutaan. Prosesornya sudah Intel Core i5 yang dipadukan dengan kartu grafis Nvidia GeForce RTX2050. Menarik kan? 

Baca juga: Opsi Baru Laptop Rp10 Jutaan untuk Mahasiswa, Acer Aspire 5 Slim

Untuk tipe paling murah, menggunakan Intel Core i5 dengan kartu grafis discrete Nvidia GeForce MX550. Begitu juga dengan model tertinggi, bedanya hanya pada prosesor Intel Core i7 yang digunakannya.

Oiya, ada dua tipe ukuran layar yang tersedia di pasaran Indonesia. Untuk model 14 inci, RAM bawaannya sudah 8 GB dan bisa ditambah hingga 24 GB. Sementara varian 15 inci, RAM-nya dapat di-upgrade hingga 32 GB. Adapun penyimpanan internal berkapasitas 512 GB berjenis SSD NVMe.

Asus Zenbook 14 OLED

Seri Zenbook dari Asus gak selalu dibanderol dengan harga yang tinggi. Buktinya, Asus Zenbook 14 OLED yang dijual dengan harga mulai Rp15,2 jutaan di Indonesia.

Ada dua varian yang beredar di Indonesia, yakni UM3402 yang ditenagai AMD Ryzen 5000 Series dan UX3402 dengan prosesor Intel Core 12th Gen.

Keduanya sama-sama mengusung panel OLED dengan resolusi 2,8K alias 2.880 x 1.800 piksel. Layarnya dapat menampilkan warna yang kaya serta natural, berkat cakupan warna DCI-P3 100%.

Layar OLED dengan rasio melebar 16:10 ini pun sudah mendapatkan sertifikasi Pantone Validated dan VESA HDR True Black yang menjamin kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat.

Baca juga: Review Singkat Asus Zenbook 14 OLED, Laptop Premium yang Murah

Meski prosesornya beda, Keduanya sama-sama ditunjang oleh RAM berjenis LPDDR5 dengan kapasitas sampai 8 GB untuk UM3402 dan 16 GB untuk UX3402. Memori penyimpanannya sama-sama berjenis SSD PCIE 4.0 Performance dengan kapasitas sampai 512 GB.

Baterai yang disematkan di dalamnya juga punya daya tahan yang panjang. Berdasarkan pengujian internal Asus Indonesia, baterai 75Wh tersebut bisa bertahan hingga 18 jam pemakaian normal.

Jadi, mau ngerjain tugas atau main game, bukan masalah buat laptop ini.

Huawei MateBook D15 (2022)

Laptop dengan layar yang luas, tentu saja enak banget buat kebutuhan multi-tasking. Hal inilah yang membuat Huawei MateBook D15 (2022) masuk ke dalam rekomendasi laptop harga murah terbaik buat mahasiswa.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core 11th Gen, tepatnya Intel Core i5-1135G7. Lalu dipadukan dengan RAM 8 GB, penyimpanan internal 256 GB berjenis SSD NVMe PCIe dan kartu grafis terintegrasi Intel Iris X Graphics. 

Baca juga: Review Huawei MateBook D15 (2022)

Spesifikasi tersebut gak cuma over powered buat ngerjain tugas saja sih, main game standar seperti Dota 2 atau CS: GO juga semestinya lancar-lancar saja.

Soal harga, laptop ini cuma dibanderol Rp9 jutaan saja di Indonesia. Siapa coba yang gak tertarik?

Lenovo IdeaPad 3

Rekomendasi laptop termurah selanjutnya datang dari Lenovo, melalui seri Lenovo IdeaPad 3. Dibanderol dengan harga Rp10 jutaan saja, laptop ini memang harusnya diincar oleh para mahasiswa yang ingin perangkat bertenaga dengan harga yang terjangkau.

Bagaimana tidak, Lenovo IdeaPad 3 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 7-5825U yang ditunjang juga dengan RAM 8 GB berjenis DDR4 dan penyimpanan internal 512 GB berjenis SSD NVMe PCIe. 

Baca juga: Lenovo IdeaPad 3 Tiba di Indonesia, Laptop Murah Buat Mahasiswa

Belum lagi soal layarnya yang berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan baik dan maksimal di laptop satu ini.

Acer Swift 3 OLED

Layar OLED lagi-lagi jadi salah satu fitur utama, malah jadi bagian dari penamaan produk juga. Demikian halnya Acer Swift 3 OLED, laptop Rp13 jutaan yang dilengkapi layar OLED berkualitas tinggi.

Layar seluas 14 inci dengan resolusi 2,8K itu dijamin memberikan kenyamanan dan aman dalam jangka waktu yang lama. Akurasi warna OLED-nya juga tetap terjaga dengan baik, sehingga masih bisa dinikmati oleh pengguna secara maksimal.

Kalau kalian senangnya main game di FPS tinggi, laptop ini bisa diandalkan banget. Sebab, layar Acer Swift 3 OLED sudah mendukung refresh rate 90Hz dengan response time 1ms.

Baca juga: Harga Acer Swift 3 OLED, Sudah Intel Core 12th Gen dan Layar OLED

Ada dua jenis prosesor yang disematkan di dalamnya, Intel Core i5-12500H dan Intel Core i7-12700H. Prosesor H-Series dari Intel Core 12th Gen ini diklaim pas untuk menunjang berbagai aktivitas orang-orang yang sering bekerja secara mobile ataupun gamer kasual.

Kemudian dikombinasikan dengan RAM hingga 16 GB berjenis LPDDR5, kemudian ada memori SSD PCIe Gen 4 hingga 1 TB. Adapun untuk baterainya, 57 Wh yang mendukung fast charging lantaran adanya adaptor charger berjenis USB-C 100W dan mendukung power delivery.

Acer Aspire Vero

Berikutnya adalah Acer Aspire Vero. Laptop ini gak cuma bertenaga saja, tapi juga bikin kalian lebih peduli terhadap lingkungan.

Laptop terbaru Acer tersebut diklaim sebagai laptop yang eco-friendly karena terbuat dari material daur ulang. Acer menggunakan bahan daur ulang plastik berjenis PCR atau post consumer recycled. 

30 persen bodinya menggunakan plastik daur ulang, sedangkan untuk keyboard menggunakan 50 persen plastik yang ramah lingkungan.

Baca juga: Review: Acer Aspire Vero NatGeo, Laptop Daur Ulang yang Pas Buat Kerja

Soal spesifikasi, laptop seharga Rp10 jutaan tersebut punya layar seluas 15,6 inci dengan resolusi Full HD. 

Kinerjanya ditopang oleh prosesor Intel Core i5 11th Gen, kartu grafis Intel Iris Xe yang terintegrasi, RAM 8 GB dual-channel, serta SSD 512 GB yang write dan read speed-nya yang cepat. Menarik gak?

HP Pavilion Aero 13

Pilihan lainnya datang dari HP, yakni Pavilion Aero 13. Laptop ini cocok buat kalian para mahasiswa yang gak mau ribet, karena perangkat ini mudah dibawa kemana-mana.

Ukuran layarnya memang lebih kecil dari para pesaingnya, tepatnya 13,3 inci saja. Kendati begitu, dengan resolusi 2,8K, rasanya laptop ini bakal memberikan pengalaman visual yang maksimal sepanjang pemakaian.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap HP Pavilion Aero 13

Buat main game atau ngerjain tugas, performanya gak usah diragukan. HP Pavilion Aero 13 ditopang oleh AMD Ryzen 7-5800U yang kencang. Dikombinasikan dengan RAM sampai 16 GB, memori SSD 512 GB, serta baterai berkapasitas besar yang tahan berjam-jam.

Dijual Rp13 jutaan saja di Indonesia, menurut tim Uzone.id sih worth-it banget buat dibeli.

Acer Swift Edge

Pilihan terakhir memang jadi yang paling mahal, tapi seenggaknya laptop ini punya spesifikasi paling ajib juga. Acer Swift Edge, laptop seharga Rp19 jutaan yang diplot sebagai laptop 16 inci paling ringan dan tipis di muka Bumi.

Bobot dari laptop ini cuma 1,17 kg saja, dengan ketebalan 12,96 mm. Sama sekali gak terasa berat ketika mengangkatnya dengan satu tangan saja.

Laptop ini mengusung panel OLED berukuran 16 inci ini punya resolusi maksimal hingga 4K (3.840 x 2.400 piksel) dengan dukungan color gamut 100% DCI-P3 yang menjamin warna akurat, kecerahan maksimal mencapai 500 nits dan response time kurang dari 0,2 ms. 

Baca juga: Laptop Tertipis Sedunia, Acer Swift Edge Masuk Indonesia

Meski dimensinya ringkas, namun laptop ini disematkan dapur pacu kelas atas. Ada dua tipe prosesor yang tersedia, AMD Ryzen 5 6600U dan Ryzen 7 6800U. Kemudian dikombinasikan dengan RAM 16 GB berjenis LPDDR5 dan penyimpanan internet hingga 1 TB berjenis SSD NVMe Gen 4.

Itu dia rekomendasi laptop harga murah dengan spesifikasi tinggi versi tim Uzone.id. Pilihan laptop ini cocok buat kalian para mahasiswa yang butuh laptop berperforma mumpuni untuk mengerjakan tugas, skripsian, bahkan sampai main game.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini