icon-category Auto

Great Wall Pede Tantang Alphard Pakai MPV Mewah Wey Gaoshan

  • 25 Oct 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Pabrikan mobil di China sepertinya saat ini sudah jauh leb ih dewasa dan sangat siap untuk bersaing dengan dominasi Jepang dan Eropa. Mau jenis mobil apapun, mereka siap bikin tanpa harus lagi melakukan jiplak menjiplak seperti dulu.

Bahkan, MPV mewah seklas Alphard pun mereka bisa bikin, seperti yang ditunjukkan Great Wall Motor yang sudah resmi mengumumkan harga jual dari MPV mewahnya, Wey Gaoshan, yang dibanderol lebih murah dari Alpahard, yakni dibawah Rp1 miliar.

Wey Gaoshan memiliki arti Gunung Tinggi, ini punya pesan Gaoshan merupakan MPV dengan dimensi yang besar, bahkan lebih bongsor dibandingkan Alphard sekalipun.

Wey Gaoshan memiliki dimensi panjang 5.045 mm, lebar 1.960 mm, dan tinggi 1.900 mm. Sementara wheelbase 3.085 mm, sebagaimana dikutip dari Carnewschina.

Jadi secara ukuran, Way Gaoshan lebih panjang 100 mm, lebih lebar 110 mm, dan lebih tinggi 5 mm dibandingkan Toyota Alphard.

Bahkan, kalau ukuran tersebut dirasa masih kurang lega, masih ada versi yang lebih panjang atau versi Executive Extended Edition. Dimensi panjangnya mencapai 5.405 mm.

Agar mencuri perhatian di jalanan, wajah Wey Gaoshan dibuat selebay mungkin dengan grill besar beraksen krom yang menuansakan mobil ini seperti mobil-mobil kerajaan.

Namun, secara umum desainnya memang masih menyerupai Toyota Alphard, terlihat boksi, pintu geser. pelek 18 inci dan punya bodi yang rendah ke permukaan tanah.

alt-img

Interior Wey Gaoshan terbilang mewah dengan konsol serta head unit besar pada area tengah. Wey Gaoshan mengadopsi tata letak tujuh tempat duduk dengan konfigurasi 2+2+3.

Terdapat kulkas berukuran 12,5 liter yang bisa dibuka dari atas atau ditarik keluar dari belakang baris pertama.

Menariknya Wey Gaoshan dilengkapi pijat yang memiliki fungsi ventilasi dan pemanas. Ruang kaki maksimal pada baris kedua adalah 1.166 mm. Baris ketiga bisa dilipat untuk menambah kapasitas penyimpanan bagasi hingga 1.725 L.

Meski begitu, untuk urusan mesin, Wey Gaoshan sepertinya lebih memilih mesin kecil berturbo, hybrid dan juga plug-in hybrid. Bayangkan, mobil sebesar itu mesinnya hanya berkapasitas 1.500cc turbo.

Tenaga yang dihasilkan sebesar 150 hp dan bila dipadukan dengan motor listriknya, jadi sebesar 181 hp. Tenaga ini masih lebih kecil dari mesin Chery Omoda 5 GT yang punya tenaga 197 Hp tanpa bantuan hybrid.

Wey Gaoshan dibekali baterai lithium ternary buatan Svolt dengan kapasitas 37,96 kWh. Ini memungkinkan jangkauan 175 km dalam mode listrik. Pada varian PHEV, dalam mode pengisian cepat dari 30 persen menjadi 80 persen hanya memakan waktu 26 menit.

MPV ini dijual dengan harga Rp 731 juta-Rp 883 jutaan. Pengiriman untuk konsumen China akan dimulai pada Januari tahun depan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini