icon-category Auto

Menjajal Omoda 5 EV di Sirkuit Pabrik Chery di China: Nyaman Banget!

  • 23 Oct 2023 WIB
Bagikan :

Wuhu, China, Uzone.id - Chery sedang bersiap untuk menghadirkaqn Omoda 5 EV. Mobil ini pertama kali diluncurkan di Shanghai Auto Show 2023 dan sempat di pajang di GIIAS 2023. Sementara di Januari 2024 nanti, akan mulai di produksi lokal di Indonesia dan resmi dijual.

Nah, sebelum dijual, sebuah keistimewaan bagi kami ketika diberi kesempatan untuk mencoba Omoda 5 EV di sirkuit buatan di pabrik Chery di Wuhu, China.

Karena masih versi China, jadi posisi setirnya masih di sebelah kiri. Tapi tidak masalah, toh nantinya ketika dijual di Indonesia, tentu sudah dalam konfigurasi setir kanan.

alt-img

Kalau saat tampil di GIIAS 2023 lalu warna bodinya putih, kali ini yang kami uji berwarna merah dan keren banget. Cerah, bersih, terlihat simple dan berkelas.

Desain eksterior simple, interior lebih futuristis

Tidak seperti Omoda 5 versi mesin bakar yang punya grill bermotif diamond yang besar, Omoda 5 EV memang terlihat lebih sederhana di bagian wajahnya, namun sangat kental nuansa futuristisnya.

Begitu juga dengan desain peleknya yang berbeda dengan palang lima bintang ditambah aksen sirip layaknya pelek-pelek mobil listrik. Sisanya, sepertinmya masih mirip-mirip dengan Omoda 5 versi mesin bakar.

alt-img

Masuk ke dalam kabinnya juga agak seikit berbeda. Paling kentara tentu kita lihat di bagian dasbor, dim,ana tersedia dual screen yang terintegrasi dengan layar curve melengkung. Ukuran total keduanya 24,5 inci. Dual screen tersebut dibagi untuk MID dan sistem hiburan kabin.

Perbedaan lain terlihat pada setir, dimana pada sisi palang kanan kirinya, tidak ada lagi tombol-tombol fisik, namun berganti dengan tombol sentuh kapasitif yang mengesankan futuristis.

Ditambah, tuas transmisi yang tidak lagi di konsul tengah, namun berada di sisi sebelah kanan setir melalui sebuah tuas.

Impresi Berkendara, Senyap dan Nyaman

Kami pun langsung mengajak mobil ini berjalan. Di atas kertas, Omoda 5 EV dibekali dengan baterai berkapasitas 61 kWh yang menggerakkan motor listrik pada roda depan, tenaga yang dihasilkan mencapai 204 Hp.

Mobil listrik ini diklaim bisa menghasilkan jarak tempuh hingga 450 Km, dan mampu berakselerasi dari 0-100 Km per jam dalam waktu 7,6 detik.

Omoda 5 EV ini juga didukung oleh pengisian daya cepat 110 kW DC yang memungkinkannya mengisi daya dari 0-80 persen hanya dalam 30 menit.

Selain itu, mobil ini juga diklaim memiliki tenaga maksimum 150 kW dan torsi tertinggi 340 Nm, dengan kemampuan akselerasinya dari posisi diam hingga 100 km/j diklaim hanya butuh waktu 7,8 detik. Sementara itu untuk konsumsi energinya berada pada kisaran 15 kWh/100 km.

Seperti halnya mobil listrik kebanyakan, Omoda 5 EV juga memiliki fitur Vehicle to Load (V2L) untuk menjadi sumber tenaga listrik bagi barang-barang elektronik. 

alt-img

Saat pertama kali mobil berjalan, kami merasakan kenyamanan yang berbeda dengan Omoda 5 versi mesin bakar. Ini terjadi berkat suspensi Omoda 5 EV yang terasa lebih lembut.

Sehingga, sepertinya kalau Omoda 5 GT mengarah pada karakter sport, maka versi EV lebih mengedepankan kenyamanan.

Ketika melewati jalan bergelombang, speed trap dan jalan berbatu sekalipun, suspensinya membuat pergerakan mobil tetap nyaman. Meski begitu, laju mobil tetap stabil saat bermanuver di tikungan.

Sedangkan soal akselarasinya, untuk sebuah mobil listrik, jangan ditanya deh. Terasa sangat direct dan instan. Apalagi ketika mode berkendara Sport di aktifkan, mobil pun jadi lebih agresif.

Kami mencoba akselarasinya dari kondisi diam di lintasan lurus sepanjang sekitar 200 meter di sirkuit tersebut. Hasilnya, ketika digas spontan, ban sempat spin sampai dua kali, emnandakan besarnya torsi yang sedang bekerja.

Panjang lintasan 200 meter tersebut pun bisa kami lahap sampai dengan kecepatan maksimal 145 km per jam, sebelum harus mengerem kembali untuk melibas tikungan.

Kesimpulan

Rasanya, Omoda 5 EV punya potensi besar untuk dipasarkan di Indonesia. Selain tampilan khasnya, fitur-fitur canggihnya, serta rasa berkendaranya yang nyaman, membuat mobil ini asik digunakan di keseharian.

Menyasar Hyundai Ioniq 5 sebagai pesaingnya, dengan insentif pajak karena sudah produksi lokal, kami berharap Chery Indonesia bisa memberikan harga jual yang kompetitif pada Omoda 5 EV. Kita nantikan saja..

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini