icon-category Gadget

Mengupas Canggihnya Kamera Samsung Galaxy A73, Setara S22?

Uzone.id - Salah satu kelebihan yang dibawa Samsung Galaxy A73 adalah sektor kameranya. Smartphone ini mengusung kamera utama dengan sensor 108MP, sekaligus jadi Galaxy A pertama yang dilengkapi kamera superior tersebut.

Sekadar informasi, Samsung Galaxy A73 memiliki total lima kamera. Satu di depan dengan resolusi 32MP, dan tiga di belakang dengan konfigurasi masing-masing 108MP untuk kamera utama, 12MP sebagai kamera ultrawide dan sepasang kamera 5MP untuk depth dan makro.

VP and Head of Visual Software R&D Group at MX Business, Samsung Electronics, Dr. Joshua Sungdae Cho menjelaskan, Galaxy A73 tak cuma dilengkapi hardware kamera yang mumpuni, tapi juga ditunjang oleh software berbasis AI atau kecerdasan buatan yang canggih.

Salah satu fitur yang dimiliki kamera Samsung Galaxy A73 adalah Detail Enhancer. Fitur ini memaksimalkan potensi sensor 108MP pada ponsel, sehingga memungkinkan pengguna untuk menampilkan lebih banyak detail ke dalam gambar beresolusi tinggi. 

“Setelah diaktifkan, Detail Enhancer dibantu dengan AI untuk mempersingkat pemrosesan melalui Image Signal Processing (ISP) yang dapat memaksimalkan pengambilan gambar secara detail,” jelas Joshua kepada tim Uzone.id dalam sesi wawancara eksklusif beberapa waktu lalu.

Baca juga: Fitur Andalan di Samsung Galaxy A73 Buat Kamu yang Suka Wisata Alam

Lebih lanjut, sistem AI pada kamera Samsung Galaxy A73 pun bisa mengenali puluhan skenario foto. Nantinya, sistem secara otomatis memberikan pengaturan kamera yang sesuai dengan skenario foto yang diambil pengguna.

Total, ada 31 skenario yang dapat dikenali oleh AI kamera ponsel terbaru Samsung ini, termasuk gedung, tanaman dan bunga, hewan, dan sebagainya.

“Hal ini pun turut diterapkan pada Galaxy S22 yang menjadikan Galaxy A73 sebagai seri smartphone mid-high dari Samsung yang memiliki fitur layaknya smartphone flagship Samsung,” klaimnya.

Bawa fitur kamera Samsung Galaxy S Series

Joshua mengatakan, Samsung Galaxy A73 membawa beberapa fitur kamera yang terdapat pada Galaxy S22 Series. Satu fitur yang langsung terlihat adalah resolusi gambar yang dihasilkan sama-sama 108MP.

Dengan proses nona-binning, resolusi foto standar yang diambil oleh kamera utama adalah 12MP. Proses pencitraan ini mampu meningkatkan kualitas warna dan detail pada gambar.

“Kami membawa beberapa fitur pada S Series ke A Series juga, termasuk Galaxy A73. Ponsel ini menggunakan AI untuk pemrosesan citra atau gambarnya,” katanya.

Kemudian, Samsung turut menyertakan OIS atau optical image stabilization pada kamera utama Galaxy A73. Dengan ini, pengguna tak hanya bisa merekam video secara lebih stabil saja, tapi dimungkinkan menangkap foto malam yang berkualitas dan minim noise.

Baca juga: Review Samsung Galaxy A73 5G

Untuk diketahui, memotret foto malam dengan Night Mode biasanya memerlukan beberapa detik pengambilan gambar. Rentang waktu beberapa detik ini untuk mengambil beberapa gambar dan menggabungkannya menjadi satu foto yang jelas dan bermutu tinggi.

Cuma kendalanya, hasil foto kerap tidak fokus lantaran tangan pengguna yang gemetar menahan ponsel selama kurang lebih 5 detik. Dengan adanya OIS, masalah ini bisa teratasi dengan baik.

“Secara hardware kami sedang berusaha untuk menghadirkan OIS untuk lebih banyak A Series. 

Samsung Galaxy A73 sendiri sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp7.799.000 untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Ponsel ini tampil dalam warna Awesome Gray, Awesome White, serta Awesome Mint yang kekinian.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini