icon-category Gadget

Hands-on Realme C67: Murah, Kamera 108 MP dan Sudah Android 14

Bagikan :

Uzone.id - Realme C67 jadi ‘hidangan penutup’ dari Realme di pasaran Indonesia tahun ini. Di Indonesia, Realme C67 dibanderol dengan harga Rp2 jutaan dan mengusung spesifikasi yang cukup menggoda di segmennya.

Banyak hal baru yang diusung Realme C67 dibanding generasi sebelumnya, Realme C55. Dari desain saja, bodinya lebih tipis 0,3 mm, tepatnya 7,59 mm. Lebih enak digenggam memang, apalagi bobotnya yang hanya 185 gram.

Desainnya juga sudah kekinian, walau cenderung mainstream seperti ponsel Android kebanyakan. Bodinya dibikin flat dengan tepian bodi belakang yang cukup menyiku, kemudian diberikan kelir yang sesuai dengan opsi warna yang tersedia.

alt-img

Sekadar info, Realme C67 hadir dalam warna Sunny Oasis dan Black Rock. Sunny Oasis menampilkan warna hijau terang dengan tekstur brush metal, sedangkan Black Rock memberikan kesan elegan dengan tekstur bodi yang kurang lebih sama, dan kedua warna pun menawarkan efek pantulan cahaya yang terlihat menarik.

alt-img

Realme juga meningkatkan build quality dari ponsel barunya. Realme C67 sudah mengantongi rating IP54 tahan percikan air dan terpaan debu. Melalui keberadaan sertifikasi ini, setidaknya pengguna lebih worry free saat menggunakannya di berbagai kondisi.

Bezel layar kian tipis

alt-img

Kalau ponsel kelas menengah, apalagi dengan harga Rp2 jutaan, biasanya mengusung layar LCD dengan bezel yang agak tebal di tiap sisinya. Realme berhasil menghilangkan stigma tersebut lewat seri C67 dengan menghilangkan braket plastik pada sekeliling layar.

Menghilangnya braket plastik pada sekeliling layar akan membuat ukuran bezel semakin tipis sehingga meminimalisir bagian hitam di sekeliling layar, membuat rasio layar terhadap bodinya mencapai 91,4 persen.

Rasio yang lebih besar, otomatis memberikan visualisasi yang terasa lebih lapang. Adapun untuk spesifikasi layarnya, ponsel ini mengusung  layar LCD seluas 6,72 dengan resolusi Full HD+ dan mendukung refresh rate 90Hz.

Tingkat kecerahan layar Realme C67 mencapai 950 nits, membuatnya masih bisa dilihat meski berada di bawah paparan sinar matahari. 

Mini Capsule 2.0, ‘ Dynamic Island’ ala iPhone 15

alt-img

Masih sama dengan Realme C55, Realme C67 pun membawa fitur Mini Capsule tapi versinya sudah 2.0 alias yang terbaru. Fitur ini memaksimalkan tampilan lubang kamera di tengah atas layar, agak mirip dengan Dynamic Island di iPhone 15.

Melalui Mini Capsule 2.0, tampilan sejumlah notifikasi pada Realme UI yang digunakan secara cerdas akan beradaptasi dengan layar, dimana akan melingkari bagian kamera depan melalui desain layaknya kapsul kecil yang inovatif dan menarik.

Ada yang baru di Mini Capsule 2.0. Saat memutar musik, muncul animasi mirip kapsul yang memungkinkan kalian untuk Next/Previous atau Pause/Play musik. Mini Capsule 2.0 juga bisa menampilkan informasi perkiraan cuaca, serta jadwal acara yang sudah diset di Google Calendar atau aplikasi kalender Realme UI.

Selain tiga fungsi tadi, Mini Capsule 2.0 bisa menampilkan statistik langkah, status baterai saat full charge, charging, atau low battery, sampai penggunaan data internet.

Sudah Android 14, dapat update 3 tahun ke depan

alt-img

Ini yang menarik, Realme C67 sudah berjalan pada Realme UI berbasis Android 14 Go Edition. Tampilan OS-nya lebih smooth, minim bloatware, dan memiliki user interface (UI) layaknya Android murni.

Terasa sat set menggunakan ponsel, nyaman pula karena tak perlu capek-capek menghapus bloatware yang sudah terpasang saat pertama kali membeli ponsel.

Realme juga memberikan jaminan update software panjang untuk Realme C67. Ponsel ini dijamin pembaruan OS selama 3 tahun ke depan, termasuk update versi Android dan security patch.

Ditenagai Snapdragon 685

alt-img

Gak lagi MediaTek, apalagi seri yang itu-itu saja. Sekarang, Realme C67 ditenagai prosesor Snapdragon 685 dari Qualcomm. System on chip (SoC) ini dibuat menggunakan arsitektur 6nm dengan clock-speed pada performance-core mencapai 2,8 GHz.

Dibandingkan Snapdragon 680, chipset ini menghadirkan 15 persen peningkatan kinerja CPU dan performa GPU 10 persen lebih tinggi. Kami belum melakukan tes lebih lanjut pada Realme C67, tapi diklaim skor AnTuTu Benchmark yang diraihnya mencapai 330 ribuan poin.

Dipadukan dengan RAM LPDDR4X 8 GB yang bisa ditambah hingga 16 GB secara virtual, kemudian ruang penyimpanan 128 GB atau 256 GB yang bisa ditambah via microSD sampai 2 TB, dan baterai dengan kapasitas 5.000 mAh.

Lagi-lagi, bukan SoC saja yang jadi keunggulannya, tapi fast charging juga. Realme C67 didukung 33W SuperVOOC yang dapat mengisi daya hingga 50 persen dalam 31 menit.

Kamera utama 108 MP

alt-img

Untuk harga Rp2 jutaan, Realme C67 menjadi smartphone C Series pertama dengan kamera 108 MP bersensor ISOCELL HM6. kamera ini menghasilkan foto yang jernih, apalagi dapat menghasilkan foto dengan resolusi 108 MP yang sesungguhnya.

Berkat kamera dengan resolusi tinggi, Realme C67 juga mendukung teknologi in-sensor zoom sampai 3 kali perbesaran. Beda dengan perbesaran secara digital yang dapat menghilangkan detail pada gambar, teknologi ini menyuguhkan perbesaran secara lossless, sehingga detailnya tak menurun sama sekali.

Dan untuk kali pertama, kamera ini didukung electronic image stabilization atau EIS. Dengan fitur tersebut, perekaman video bisa lebih stabil, walau tak sebagus optical image stabilization (OIS).

Disandingkan dengan kamera 2 MP berlensa B&W dan kamera selfie 8 MP yang diletakkan pada lubang kamera di tengah atas layarnya.

NFC Multifunction

alt-img

Realme C67 punya NFC Multifunction yang bisa digunakan untuk fungsi lebih luas. NFC Multifunction pada Realme C67 juga menawarkan fungsi yang lebih beragam tidak cuma cek atau top-up kartu uang elektronik.

NFC Realme C67 juga bisa menyimpan berbagai macam kartu akses. Dengan fungsi ini, kalian gak perlu takut saat kelupaan bawa kartu akses, karena sudah tersimpan pada sistem ponsel. 

Berikut ini tabel spesifikasi lengkap Realme C67:

Spesifikasi Realme C67

Dimensi, bobot

164,6 x 75,4 x 7,59 mm, 185 gram

Layar

LCD 6,72 inci, FHD+, 90Hz, Mini Capsule 2.0

Prosesor

Snapdragon 685 4G

RAM, memori

8 GB, 128 GB atau 256 GB

Baterai

5.000 mAh, 33W SuperVOOC

Kamera

Kamera belakang

108 MP

2 MP B&W 

Kamera depan

8 MP

Fitur lainnya

NFC, IP54

Harga

Rp2.599.000 (8/128 GB)

Rp2.999.000 (8/256 GB)

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini