home ×
Gadget

Harga Laptop Pelajar Dikbud Mulai Rp5 jutaan, Apa Istimewanya?

05 August 2021 By
Harga Laptop Pelajar Dikbud Mulai Rp5 jutaan, Apa Istimewanya?
Share
Share
Share
Share

Foto: XPS/Unsplash

Uzone.id -- Pengadaan laptop lokal untuk digitalisasi sekolah di Indonesia menjadi proyek besar yang diinisiasikan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Beberapa brand teknologi pun siap menjadi pemasok, salah satunya Axioo.

Proyek ini pada dasarnya menarik perhatian warga, mulai dari spesifikasi hingga harga. Hal yang sudah bisa dipastikan, laptop pelajar ini akan menggunakan jenis Chromebook.

“Kisaran harganya mulai dari Rp5 juta, akan ada beberapa varian yang ditawarkan. Saat ini produk yang kami fokuskan baru satu tipe, yaitu Axioo Chromebook yang sudah kami sesuaikan spesifikasinya dengan kebutuhan pemerintah,” kata Marketing Communication Axioo Indonesia, Irna Andriana saat dihubungi Uzone.id.

Baca juga: Ini Chromebook Acer yang Siap Jadi "Laptop Pelajar", Berapa Harganya?

Berbicara tentang harga yang diakui mulai dari Rp5 juta, Irna mengungkapkan apa yang dijagokan dari perangkat Chromebook untuk laptop pelajar ini, khususnya yang diusung oleh Axioo sendiri.

“Yang membedakan Chromebook ini dengan perangkat lain adalah ada sistem yang dapat membantu terciptanya sistem belajar mengajar menjadi lebih mudah dan praktis,” ungkapnya.

Ia menyambung, “software sistem ini bernama Chrome Device Management.”

Sejauh ini, laptop yang dikembangkan Axioo menargetkan usia pendidikan K-12, yaitu SD sampai SMA di seluruh Indonesia.

Baca juga: Google: Chromebook Buatan Indonesia Akan Diekspor

Dari penjelasan Irna, produk yang akan dihadirkan adalah Axioo Chromebook yang berjalan dengan sistem Chrome OS dan prosesor dari Intel.

“Kami juga menambahkan fitur Notebook holder agar laptopnya bisa dijinjing, lalu ada juga web camera yang dapat berotasi, dan tambahan garansi sampai dua tahun. Fitur ini yang menjadi pembeda Axioo dengan produk Chromebook merek lain,” ujarnya.

Irna mengaku, target produksi laptop pelajar ini sudah disesuaikan dengan pre-order dari pemerintah dan perakitan paralel pun sudah mulai dilakukan di pabrik Axioo Smart Factory yang terintegrasi dengan kantor pusat perusahaan di Cakung, Jakarta Timur.

“Kapasitas produksi di pabrik kami mencapai 100 ribu unit per bulan,” tutup Irna.

VIDEO: Vicon di Zoom Bisa Muat Seribu Orang!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id