icon-category Gadget

Harga Rp12 Juta, Apple Watch Ultra 2 Bisa Diajak Diving 500 Meter

Uzone.id - Apple Watch Ultra 2 jadi smartwatch termahal Apple yang dikenalkan pada Apple Event 2023 semalam. Apple Watch Ultra 2 dibanderol USD799 atau setara Rp12,2 juta, dua kali lebih mahal dari Watch Series 9 varian standar.

Meski demikian, peningkatan yang diberikan Apple untuk jam tangan premiumnya cukup signifikan.

Apple Watch Ultra 2 ditenagai prosesor Apple S9 system in package (SiP), kontrol Double Tap, chip ultra wideband generasi kedua untuk pelacakan lokasi yang lebih baik, sampai mampu diajak menyelam sampai kedalaman 500 meter di bawah permukaan laut.

Jam tangan ini memang beda peruntukannya dibanding Apple Watch Series 9. Apple Watch Ultra 2 ditujukan buat pegiat olahraga atau aktivitas ekstrem, seperti menyelam atau mendaki pegunungan. 

Untuk memberikan jaminan ketangguhan dari jam tangan barunya, Apple memastikan kalau Watch Ultra 2 sudah teruji tetap menyala walau berada pada kedalaman 500 meter di bawah permukaan laut atau 9.000 meter di atas permukaan laut.

alt-img

Ditambah dengan watchOS 10 dengan ragam fitur pemantauan kebugaran dan berbagai latihan di dalamnya, pengguna yang senang olahraga ekstrem, terutama yang berkaitan dengan laut, seperti scuba diving, freediving, dan aktivitas ekstrem lainnya, seperti kitesurfing dan wakeboarding, bisa menggunakan Apple Watch Ultra 2.

Semua informasi dari kegiatan mereka akan ditampilkan secara komprehensif pada layar LTPO OLED seluas 1,92 inci dengan desain yang flat. Layarnya lebih vivid dari sebelumnya, terlebih intensitas cahayanya mencapai 3.000 nits.

COO Apple, Jeff Williams menyebut, layar 3.000 nits ini menjadi panel paling terang yang pernah dibuat oleh Apple. Gak cuma sekadar terang aja, Apple juga menghadirkan watch face baru bernama Modular Ultra.

Watch face khusus ini memanfaatkan layar besar Apple Watch Ultra 2 dengan menyajukan data-data secara real-time, termasuk informasi waktu, ketinggian, hingga kedalaman ketika pengguna melakukan diving

Watch face ini menawarkan komplikasi paling banyak dari semua tampilan jam digital Apple, sehingga cocok untuk aktivitas luar ruangan.

alt-img

Nah, agar segala proses yang berjalan lancar tanpa hambatan, Apple Watch Ultra 2 ditenagai oleh prosesor Apple S9 SiP yang diklaim jadi chipset paling kencang untuk smartwatch sekarang. 

Performanya lebih baik, apalagi ada fitur Siri on-device yang membuat asisten virtual tersebut bisa merespon permintaan pengguna secara cepat dan lebih aman.

Bukan saja lebih cepat, tapi lebih awet baterainya juga. Apple mengklaim, Watch Ultra 2 memiliki daya tahan baterai sampai 72 jam dalam mode low-power

Kontrol Double Tap yang baru

alt-img

Double Tap bisa dibilang jadi inovasi baru yang dipamerkan cukup panjang selama Apple Event 2023. Ini menjadi solusi apabila pengguna terlalu ribet untuk mengontrol jam tangan mereka menggunakan Digital Crown atau Taptic Engine.

Alih-alih mengangkat pergelangan tangan dan menggesek permukaan layar untuk melakukan interaksi, Double Tap hanya perlu mengetukkan jari telunjuk dan ibu jari sebanyak dua kali secara bersamaan.

Ada banyak tindakan yang bisa diaplikasi oleh gerakan ini, seperti menerima atau melakukan panggilan telepon, mematikan alarm, menggulirkan widget, dan lain sebagainya. 

Hadirnya Double Tap ini berkat teknologi neural engine yang lebih cepat dari sebelumnya. Plus, dipadukan dengan gyroscope dan accelerometer, membuat jam tangan bisa mengenali gerakan tangan pengguna saat melakukan Double Tap. 

Fitur lainnya

Seperti yang sudah dibilang di atas, watchOS 10 menyediakan ragam fitur pemantauan kesehatan dan latihan.

Terbaru, OS ini membuat smartwatch ini dapat terhubung ke aksesoris bersepeda melalui Bluetooth untuk menampilkan informasi latihan yang lebih akurat dari sebelumnya.

Apple Watch Ultra 2 hanya tersedia dalam satu varian bingkai, yakni 49 mm. Opsi warna strap-nya beragam, seperti Blue, Indigo, dan Olive untuk model Alpine Loop, Orange/Beige, Green/Gray, Blue/Black untuk versi Trail Loop, dan Blue serta Orange untuk tipe Ocean Band.

Jam tangan pintar ini tersedia mulai 22 September 2023. 

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini