icon-category Digilife

Harga YouTube Premium Family Plan Naik, Jadi Berapa?

  • 22 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: NordWood Themes/Unsplash

Uzone.id - Kabar terbaru bagi kalian pengguna YouTube Premium ‘Family Plan’. Pasalnya, YouTube akan menaikkan paket keluarga YouTube Premium di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Kenaikan harga yang dilakukan YouTube cukup besar, di AS dari yang awalnya USD17,99 naik menjadi USD22,99. Naik sebanyak USD5 atau sekitar Rp77 ribu untuk plan keluarga.

Juru Bicara YouTube, Marni Greenberg mengungkapkan kalau kenaikan harga ini berdampak ke pengguna di AS, Kanada, Jepang, Inggris Raya, Brasil, Indonesia, Turki, dan Argentina.

Greenberg juga mengatakan kalau penyesuaian harga ini merupakan keputusan yang sulit. Ia juga menyebut dengan harga baru ini, mereka bisa mengembangkan fitur tambahan dan mendukung konten kreator.

Baca juga: Big Sale 11.11 Shopee Siap Majukan UMKM Lokal

Di Indonesia, biaya YouTube Premium Family Plan naik sebesar Rp10 ribu, dari yang awalnya Rp89 ribu menjadi Rp99 ribu. Sedangkan untuk Premium individu dan mahasiswa, YouTube tidak memberikan perubahan harga.

Premium individu saat ini dibanderol dengan harga Rp59 ribu per bulan dan Rp34,999 untuk pengguna student plan atau paket mahasiswa. 

Family Plan ini bisa digunakan hingga 6 orang di rumah yang sama. Sama seperti layanan Premium lainnya, mereka juga tidak akan mendapat iklan ketika menonton video dan bisa mengunduh video sehingga bisa diputar secara offline.

Kenaikan harga ini berlaku mulai November mendatang atau tagihan selanjutnya. Jadi, pengguna YouTube Premium paket keluarga harus siap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam.

Baca juga: Lega, Nonton Video 4K di YouTube Gak Jadi Berbayar

Dilansir dari Ars Technica, Sabtu, (22/10), bagi beberapa pengguna Premium yang sudah berlangganan semenjak 2015, YouTube masih memberikan tarif sebelumnya. Lalu, harga ini akan diberlakukan secara keseluruhan pada April 2023 mendatang.

YouTube sepertinya sedang berusaha untuk mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya dari fitur dan layanan mereka. Sebelumnya, platform video ini juga sempat membatasi pemutaran video 4K hanya untuk pengguna Premium. Siasat ini dilakukan agar menarik pengguna gratisan untuk pindah ke Premium.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini