icon-category Auto

Hasil Balap MotoGP Catalunya: Aprilia Juara 2 Kali!

  • 04 Sep 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - MotoGP Catalunya 2023 telah berakhir dengan sejumlah drama yang cukup menakutkan. Namun di akhir drama tersebut, Aleix Espargaro membawa pulang buah manis usai memenangkan dua balapan di akhir pekan kemarin.

Dimulai dari hari Sabtu, Aleix Espargaro dari Aprilia Racing berhasil memenangkan balapan Sprint Race berada di depan Francesco Bagnaia. Selanjutnya pada balapan utama, Francesco Bagnaia tidak dapat melanjutkan balapan yang kemudian dimenangkan lagi oleh Aleix Espargaro.

Francesco 'Pecco' Bagnaia, tidak dapat melanjutkan balapan MotoGP Spanyol karena mengalami insiden mengerikan. Dirinya mengalami highside di lap pembuka MotoGP Catalunya, saat jatuh di aspal kakinya pun terlindas oleh motor Brad Binder yang tak mampu menghindar.

Posisi kedua di MotoGP Catalunya ini diisi oleh Maverick Vinales sebagai rekan satu tim Espargaro. Keduanya memang berebut tempat pertama mengingat pebalap Aprilia tersebut adalah tuan rumah di Catalunya.

alt-img

Kemudian di posisi ketiga terdapat penantang gelar juara dunia yakni Jorge Martin dari Pramac Ducati. Martin berhasil meninggalkan Miguel Oliveira dari RNF Aprilia, kemudian menahan serangan dari rekan satu timnya yakni Johann Zarco.

Dari perseteruan tersebut pun membuat Johann Zarco di posisi ke-4 dan Miguel Oliveira berada di posisi ke-5.

Kemudian Alex Marquez dari Ducati Gresini berhasil menduduki posisi ke-6 yang diikuti oleh Fabio Quartararo dari Monster Yamaha di tempat ke-7.

Quartararo diikuti oleh Jack Miller dari Red Bull KTM, Augusto Fernandez dari Tech3 GASGAS, dan Fabio Di Giannantonio dari Ducati Gresini.

Seperti diketahui sebelumnya, jalannya balapan semmpat dihentikan karena tumpukan di putaran pertama, ditambah dengan kecelakaan yang dialami Francesco Bagnaia.

Insiden pertama dikarenakan Enea Bastianini yang start dari posisi ke-14, mengarah ke dalam namun kehabisan ruang. Pebalap kedua Ducati Lenovo itu terjatuh di kerb yang menyeret Johann Zarco, Fabio Di Giannantonio, Alex Marquez, dan Marco Bezzecchi.

Kemudian hal yang lebih buruk terjadi pada Pecco Bagnaia yang membuat marshal harus mengibarkan bendera merah. Kemudian balapan pun diulang tanpa kehadiran sang juara dunia yaitu Pecco.

Berikut hasil balap MotoGP Catalunya 2023

Posisi Pebalap Tim Catatan Waktu/Selisih
1 Aleix Espargaro Aprilia Racing (RS-GP23) 38m 56.159s
2 Maverick Viñales Aprilia Racing (RS-GP23) +0.377s
3 Jorge Martin Pramac Ducati (GP23) +2.831s
4 Johann Zarco Pramac Ducati (GP23) +4.867s
5 Miguel Oliveira RNF Aprilia (RS-GP22) +7.529s
6 Alex Marquez Gresini Ducati (GP22) +10.590s
7 Fabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1) +10.821s
8 Jack Miller Red Bull KTM (RC16) +10.880s
9 Augusto Fernandez Tech3 GASGAS (RC16)* +12.889s
10 Fabio Di Giannantonio Gresini Ducati (GP22) +13.280s

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini